Published On: Sab, Agu 25th, 2012

As Roda Truk Gandeng Putus, Pantura Macet

Share This
Tags

Penulis : Pito Suwarsono

SEMANDING

seputartuban.com – Arus balik lebaran di Jalur Pantura Kabupaten Tuban, pada H + 4 ini, macet total. Kemacetan terjadi akibat terjadinya kecelakaan tunggal, yang dialami oleh truk gandeng pengangkut pupuk, yang mengalami as roda belakangnya patah, jum’at (24/08/2012) sore. Truk belum bisa dievakuasi karena masih menunggu alat berat. Hal ini mengakibatkan kemacetan parah di jalur Pantura yang banyak dilewati arus balik lebaran ini.

Gara-gara as roda truk gandeng bernopol B 9495 ZZ ini patah, hingga mengakibatkan arus balik di jalur Pantura Surabaya – Semarang macet total. Truk gandeng mengangkut pupuk yang dikemudikan oleh Teguh ini, patah pada as roda bagian belakang truk gandeng, hingga badan gandengan truk-pun miring dan tak bisa di evakuasi, dan terparkir dengan memakan badan jalan.

Akibatnya kemacetan panjang pun tak terhindarkan, baik dari arah Jakarta menuju Surabaya, maupun dari arah sebaliknya. Saat ini badan truk belum bisa dievakuasi karena masih menunggu mobil derek. “as rodanya patah mas, dari gresik mau ke jakarta,” ujar Teguh.

Kemacetan ini diperparah karena posisi truk yang nyaris terguling ini, berada di jalur sempit, yaitu jalur menuju masuk kota Kabupaten Tuban, tepat sebelum jembatan dusun Kepet, yang memang dikenal sangat rawan terjadi kecelakaan.

Untuk mengurai kemacetan panjang, petugas polisi dari Satlantas Polres Tuban, terpaksa menggunakan sistem buka tutup, dimana kendaraan arus balik dari arah Surabaya menuju Jakarta, berjalan dengan bergantian dengan kendaraan dari arah sebaliknya.

Kemacetan panjang ini dikeluhkan oleh para pengguna jalan, yang mayoritas pemudik yang sedang balik ke Jakarta. Seperti yang diungkapkan oleh Budi, seorang pemudik dari Jember, yang hendak kembali ke Jakarta pasca merayakan lebaran di kampung halamannya. “ini macet, dari Jember mau ke Jakarta,” ujarnya.

Jembatan Kepet yang berada di Desa Tunah, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban ini, memang dikenal sangat rawan terjadi kecelakaan. Terutama saat kendaraan-kendaraan berat sering terjadi rem blong, saat melaju di turunan yang tak jauh dari lokasi kecelakaan tunggal ini.

Foto : Kondisi kemacetan parah akibat as roda truck gandeng patah

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Berita Terkini

Videos