Published On: Rab, Mei 9th, 2012

APBD Sebagai Stimulus Pembangunan, Berharap Swasta Turut Berperan

Share This
Tags

Penulis : Edy Purnomo

TUBAN

seputartuban.com – Pemerintah Kabupaten Tuban berharap pihak swasta turut aktif dalam pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah daerah. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA), Budi Wiyana, kepada seputartuban.com, Selasa (08/05/2012) dikantornya, menyatakan bahwa untuk saat ini dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)  yang dikucurkan pemerintah sebagai “umpan”. Yang diharapkan dapat menarik pihak-pihak swasta untuk turut pula mensukseskan pembangunan daerah.

Alasan lain yang dikemukakan Budi adalah bahwa hampir 50% APBD yang dialokasikan untuk pembangunan beberapa bidang seperti jalan, pemukiman, sekolah, dan infrastruktur kesehatan dirasa masih kurang. Sehingga pemerintah mengajak para investor atau swasta untuk andil dalam pembangunan berbagai bidang ini. “jadi, kita mengajak swasta untuk berperan dalam pembangunan,” ujarnya.

Saat ditanya tentang fokus pembangunan yang dilakukan oleh Pemda, Budi menjelaskan bahwa sebenarnya sejak tahun 2011 ada 8 sektor yang menjadi perencanaan pembangunan, seperti : Pendidikan, kesehatan, ekonomi, ketenagakerjaan, kepemudaan dan olahraga, pemerintahan umum dan pemberdayaan masyarakat desa.

Namun yang menjadi sasaran utama tahun ini baru pertumbuhan ekonomi, Produk Domestik Reginal Bruto (PDRB), pertumbuhan indeks pembangunan, pengentasan kemiskinan dan  penanggulangan pengangguran.

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos