Published On: Sel, Jul 9th, 2013

Antisipasi Kerawanan Pilgub 2013, Polisi Gelar Simulasi

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – 600 anggota Polres Tuban terlibat dalam simulasi, di lapangan Mapolres Tuban, Senin (08/07/2013). Sebagai bentuk kesiapan pengamanan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Gubernur Jatim Agustus 2013.

Pengamanan Pilgub

SIAGA : Polisi saat menggelar simulasi pengamanan Pilgub Jatim 2013. Di halaman belakang Mapolres Tuban

Sejumlah kerawanan diantisipasi, diantaranya protes oleh saksi salah satu Calon Kepala Daerah atau Calon Gubernur (Cagub). Jika tidak dapat ditangani dengan baik, emosi saksi dapat berlebihan hingga menggangu proses pemilihan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Sejumlah tahapan pengamanan, diantaranya tindakan yang dilakukan ketika terjadi gangguan keamanan di TPS.  Pengamanan kotak suara, bahkan juga kesiapan jika hasil coblosan dirampas orang lain. Maka polisi harus sigap melakukan pengejaran dan penangkapan pelaku.

Kabag Ops Polres Tuban, Kompol Suhartono saat dikonfirmasi usai simulasi mengatakan, hal ini dilakukan sebagai latihan pra operasional pengamanan Pilgub. Selain latihan di lapangan, juga melatih secara prosedural di ruangan.

Tujuannya, petugas tidak hanya mampu mengamankan namun juga mengetahui proses Pilkada. “Saat Pam nanti kita akan terjunkan 657 personil. Kita secara teknis dan fokus pada pengaman. Baik di dalam pelaksanaan sampai usai pencoblosan,” jelasnya. (han)

Facebook Comments

About the Author