Published On: Rab, Des 12th, 2012

Antisipasi Bencana, SAR Gelar Pelatihan

Share This
Tags

Penulis : Amin R

SEMANDING

seputartuban.com – Puluhan anggota tim SAR (search and rescue) Kabupaten Tuban, Rabu (12/12/2012) mengikuti latihan pengenalan teori dasar alat selam, di Loaksi wisata Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

Peserta yang terdiri dari anggota SAR, Organisasi Kemasyarakatan dan organisasi pecinta alam ini dilatih kemampuan dasar penanggulangan bencana. Yakni pengenalan penggunaan alat-alat selam. Selain itu juga pertolongan kepada korban bencana air.

Humas SAR Kabupaten Tuban, Dwi Cipto, saat dikonfirmasi menjelaskan pihaknya menggelar pelatihan ini sebagai bentuk kesiapan jika terjadi bencana. Karena jika musim hujan, dimungkinkan terjadi bencana dikawasan Kabupaten Tuban. “ini kegiatan rutin tahunan, dilakukan 2 sampai 3 kali dalam setahun,” jelasnya.

Diketahui, kegiatan ini digelar sejak Rabu (12/12/2012) sampai Kamis (13/12/2012). Selain bentuk teori, peserta juga melakukan praktek pertolongan langsung disungai setempat.

“Harapan kedepan dengan melakukan agenda rutin seperti ini, semua anggota yang tergabung dalam SAR bisa bergerak cepat. Membantu sebagaimana mestinya serta mengerti masing-masing penggunaan alat penyelamatan,” tegas Dwi.

Foto : Peserta pelatihan SAR saat dikenalkan alat selam

Facebook Comments

About the Author