Published On: Kam, Mar 15th, 2012

Angin Kencang, Harga Ikan Naik

Share This
Tags

Penulis: Ridlwan

JENU

Aktivitas memanggang ikan

seputartuban.com – Dalam sepekan terakhir, harga ikan di wilayah Tuban mengalami kenaikan menyusul adanya angin kencang yang membuat nelayan tidak melaut.

Parti (53), warga Desa Kaliuntu, Kecamatan Jenu, Tuban yang sehari-hari berjualan ikan panggang di Pasar Baru Tuban mengakui, harga ikan yang dijualnya mengalami kenaikan sekitar 20-30 persen dalam sepekan terakhir. “Banyak nelayan yang tidak berani melaut, sehingga persediaan ikan sangat sedikit,” kata Parti, Kamis (15/03/2012).

Ia mengaku terpaksa menjual barang dagangannya dengan harga lebih mahal dibanding sepekan silam. Untuk setiap potong ikan ‘P’ (pari), ia menjualnya sampai Rp 2.500. Sebelumnya, Parti hanya menjualnya Rp 2.000.

Selain ikan ‘p’ jenis panggang, ia juga menjual ikan tongkol panggang yang sudah dipotong. “Sama, tongkol juga harganya naik sekitar Rp 500,” kata Parti.

Dalam sepekan terakhir, angin di pesisir Tuban memang tergolong sangat kencang yang menyebabkan nelayan tak berani melaut. “Kami pilih nunggu angin reda. Kalau dipaksakan bisa membahayakan jiwa,” kata Kusman, suami Parti yang juga seorang nelayan.

Facebook Comments

About the Author