Published On: Sab, Des 21st, 2013

Angin Kecang, Nelayan Perbaiki Jaring

Share This
Tags

PALANG

seputartuban.com – Para nelayan yang ada di Desa Karangagung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban tidak melaut. Cuaca buruk yang melanda, membayakan mereka jika tetap melaut. Sehingga memanfaatkan waktu luangnya untuk memperbaiki jaring.

PENDAPATAN BERKURANG : Karena angin kencang, nelayan tidak melaut dan memanfaatkan waktu luangnya untuk memperabaiki jaring

PENDAPATAN BERKURANG : Karena angin kencang, nelayan tidak melaut dan memanfaatkan waktu luangnya untuk memperabaiki jaring

Menurut Ahzam (48), nelayan Desa Karangagung, Kecamatan Palang, Tuban saat dikomfirmasi, Sabtu (21/12/2013) mengatakan cuaca buruk selama 10 hari terakhir. Sehingga dia tidak melaut, dan memanfaatkan waktu luangnya dengan memperbaiki jaring. “Bila cuaca buruk setiap tahunnya kita memilih untuk memperbaiki jaring. Kita menunggu sampai cuaca membaik baru kita berani untuk melaut,” tuturnya.

Saat ini kondisi angin sangat kencang. Selain membahayakan keselamatan nelayan, juga hasil tangkapan menurun. “Biasanya kita berangkat melaut jam 2 siang, dan pulang¬† sampai jam 3 atau 6 pagi. Kalau cuaca tidak buruk setiap kali melaut bisa dapat 5 kwintal. Kalau cuaca buruk seperti ini biasanya paling banyak 2 kwintal dan bahkan tidak dapat ikan sama sekali,” keluhnya.

Sebenarnya bila saat ini harga ikan mahal, tetapi para nelayan tidak berani melaut. Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, mereka ada yang bekerja menjadi tukang becak, kuli dan juga buruh tani.

“Kita cari pekerjaan lain untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Ada yang menjadi buruh tani didesa sebelah dan ada juga yang sampai keluar daerah untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari,” tutur Ahzam. (lis)

Facebook Comments

About the Author