Published On: Rab, Des 30th, 2015

Anggaran Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Tuban Rp. 250 Juta

TUBAN

Sekretaris  Pemkab Tuban, Budi Wiyana

Sekretaris Pemkab Tuban, Budi Wiyana

seputartuban.com – DPRD Tuban sudah menganggarkan Rp. 250 juta untuk pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Tuban terpilih. Karena tanggung jawab pengusulan dan proses pelantikan calon terpilih, Fathul Huda dan Noor Nahar Hussein pada Pemilukada 9 Desember 2015 adalah DPRD Tuban.

Sekretaris DPRD Tuban, Suprianto mengatakan untuk biaya pelantikan Bupati dan Wakil Bupati sudah dianggarkan Rp. 250 juta dalam APBD 2016. Namun kepastian waktu dan tempat pelantikan masih menunggu petunjuk dari Gubernur Jawa Timur.

“Kalau pelaksanaannya kita menunggu petunjuk resmi dari Gubernur. Sebab saat ini Gubernur akan melakukan koordinasi dengan Mendagri terkait masalah ini,” Kata Sekwan, Rabu (30/12/2015).

Belum adanya kepastian waktu pelatikan dikarenakan ada wacana pelantikan akan dilakukan secara massal di Pemerintah Propinsi Jatim. Sesuai dengan Perpu nomor 1 tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota. Dalam pasal 164 ayat 1, Bupati dan Walikota dilantik oleh Gubernur di ibu kota Propinsi yang bersangkutan.

Bila sesuai dengan aturan itu, maka pelantikan dilaksanakan di Surabaya. Sehingga dana yang dibutuhkan lebih sedikit dibanding anggaran yang sudah disediakan. “Kita masih belum tahu kapan pelaksanaan pelantikan itu. Apakah sesuai dengan habis masa jabatan atau diajukan,” sambungnya.

Sekretaris Pemkab Tuban, Budi Wiyana menjelaskan pelantikan sudah dalam APBD 2016. Namun untuk perayaan pelantikan tidak dianggarkan. Bila ada perayaan usai pelantikan yang dilakukan oleh Bupati terpilih dan tidak menggunakan anggaran daerah. “Yang ada anggaran pelantikan saja, kalau anggaran untuk perayaan pelantikan tidak ada,” ujar mantan Kepala Bappeda Tuban itu.

Saat disinggung terkait janji Hudanoor pada saat kampanye, bila menang akan melakukan mengundang Evie Tamala, Sekda mengatakan bahwa ia tidak tahu. Karena itu menjadi hak pribadi Bupati terpilih. Serta tidak masuk dalam program pemerintah daerah pada 2016.

“Itu nanti menjadi urusan yang bersangkutan. Kalau ada pun anggarannya dari pihak ketiga bukan dari anggaran APBD,” jelasnya. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author