Published On: Jum, Mar 21st, 2014

Ancaman Banjir Bandang Diperkirakan Sampai April

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Curah hujan tinggi diprediksikan masih akan terjadi di wilayah Kabupaten Tuban sampai seminggu kedepan. Hujan dengan intensitas tinggi itu diperkirakan akan terjadi pada waktu malam hari dan disertai dengan petir.

Kepala BPBD Pemkab Tuban, Joko Ludiono

Kepala BPBD Pemkab Tuban, Joko Ludiono

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, Joko Ludiyono saat diwawancarai, Jum’at (21/3/2014) mengatakan, sesuai dengan data yang diterima dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), di wilayah Kabupaten Tuban masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas tinggi sampai seminggu kedepan. Bahkan akan terjadi sampai bulan April mendatang.

“Perkiraan kita hujan dengan intensitas tinggi akan terjadi dibulan Januari dan Pebruari, namun hal itu tidak terjadi. Hujan dengan intensitas tinggi malah terjadi di bulan Maret sampai April,” jelas Joko.

Diharapkan kepada semua masyarakat selalu waspada, sebab hujan lebat berpotensi menyebabkan banjir bandang dibeberapa daerah di Kabupaten Tuban. Diantaranya Kecamatan Merakurak, Kecamatan Montong, Kecamatan Palang, Kecamatan Semanding dan Kecamatan Rengel.  “Setiap hari akan terjadi hujan dengan potensi tinggi. Kita akan antisipasi karena hujan akan terjadi pada malam hari, dan debit airnya tinggi serta sesekali disertai dengan petir. Himbauan untuk daerah-daerah yang terdampak banjir bandang untuk selalu waspada,” imbuhnya.

Joko menyarankan para petani agar segera memanen tanaman padinya, juga sudah waktunya. Karena curah tinggi bisa merusak tanaman padi, apalagi yang berada didaerah yang berpotensi banjir bandang. “Bila perlu melakukan panen muda sebab cuaca tidak menentu,” pungkas Joko. (lis)

Facebook Comments

About the Author