Published On: Rab, Okt 30th, 2013

Anak 12 Tahun Beratnya 10 Kg Dan Lumpuh

Share This
Tags

KEREK

seputartuban.com – Nasib kurang beruntung dialami Luluk Munawaroh (12), putri dari pasangan Kasti (51) dan Tasrip (52) warga RT. 04 RW. 03 Desa Temayang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban. Karena diusianya 12 tahun beratnya hanya 10 kilo gram dan mengalami lumpuh. Sehingga dia tidak mengalami pertumbuhan maupun aktivitas anak seusianya.

Luluk Munawaroh Kerek

LUMPUH : Luluk Munawaroh tidak bisa seperti anak seusianya. Meski usianya 12 tahun tapi tubuhnya tetap kecil

Saat ditemui seputartuban.com, Selasa (29/10/2013) dirumahnya, Kasti mencerikan kondisi yang dialami putri ketiganya dari 3 bersaudara ini. Hari-hari Luluk selalu digendong ibunya, karena tubuhnya yang kecil dan lumpuh tidak mampu untuk menopangnya.

Jika sudah bosan digendong, Luluk merengek untuk diminta dibaringkan ditempat tidurnya. Setiap hari selalu begitu sejak penyakit menyerangnya. “bisanya Cuma menangis dan senyum saja mas. Hati dan pikiranya tahu disekilingnya, tapi dia tidak bisa ngomong,” ungkapnya dalam bahasa jawa.

KETERBATASAN BIAYA : Kondisi Luluk tiap hari harus digendong ibunya, karena lumpuh

KETERBATASAN BIAYA : Kondisi Luluk tiap hari harus digendong ibunya, karena lumpuh

Kondisi berawal saat Luluk berusia 4 bulan. Dia mengalami panas tinggi hingga kejang-kejang. Kemudian dibawa ke RSUD Dr R Koesma Tuban. “Setelah panas kita bawa kerumah sakit Tuban, tapi sebulan berikutnya kambuh lagi dan kejang-kejang,” imbuh Kasti.

Karena keterbatasan biaya, setiap panas dan kejangnya kumat dibawa ke Puskesmas atau Bidan Desa Temayang. “sejak saat itu setiap bulan panas tinggi dan kejang-kejang 3 kali. Tapi karena tidak ada biaya, akhirnya saya bawa ke Bidan saja. Baru berhenti saat umurnya 10 tahun sudah tidak panas lagi,” tutunya.

Karena hal inilah, Luluk tidak dapat tumbuh dan berkembang seperti anak seusianya. Tubuhnya tetap kecil tidak sebanding dengan usianya. Selain itu juga belum dapat berbicara. Serta nasi yang akan makan, harus dihaluskan terlebih dahulu.

Hingga saat ini belum pernah ada perhatian dari pemerintah untuk membantu pengobatan Luluk. Sampai saat ini hanya mnenerima Beras Miskin (Raskin) dan Bantuan Langsung Tunai Masyarakat (BLSM). “Tidak pernah mendapat bantuan dari pihak manapun, ya kemarin saya ikut dapat BLSM itu saja,” ungkap Kasti. (lis)

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. Cak Bowo berkata:

    “Warga RT. 04 RW. 03 Desa
    Temayang, Kecamatan Kerek,
    Kabupaten Tuban”. Benar2x memprihatinkan, lagi2x warga dari kecamatan Kerek yg ada Semennya yg katanya labanya terus meningkat dan pegaweinya yg kaya raya itu ya…?.

Videos