Published On: Ming, Jun 29th, 2014

Alhamdulillah…., Dana Profesi Guru Madrasah Segera Cair

Share This
Tags

TUBAN

Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Tuban, Muhlisin Mufa

Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Tuban, Muhlisin Mufa

seputartuban.com – Angin segar akan dihirup para guru dilingkungan Kementrian Agama Kab. Tuban yang telah lulus sertifikasi. Direncanakan awal Juli 2014, dana profesi selama Januari hingga Juni 2014 akan dicairkan.

Kasi Pendidikan Madarah Kemenag Tuban, Muhlisin Mufa saat diwawancarai, Sabtu (28/6/2014) mengatakan tunjangan profesi ini untuk anggaran 2014. Sedangkan sisa yang belum terbayarkan pada 2013 masih diajukan dan belum mendapat kepastian pencairanya.

“Yang akan cair pada awal bulan Juli hanya untuk anggaran tahun 2014 saja. Sedangkan untuk anggaran 2013 yang belum lunas masih kita lakukan pendataan ulang dan sudah kita ajukan. Namun cairnya kapan kita masih belum bisa memastikannya,” jelas Muhlisin.

Tunjangan profesi yang akan cair hanya diperuntukkan bagi guru yang lulus sertifikasi pada tahun 2007 sampai 2012. Yaitu untuk guru non PNS sebanyak 1.048 guru dan PNS sebanyak 170 guru.

Saat ini sudah dilakukan proses transfer ke rekening guru masing-masing oleh Kemenag pusat melalui Bank BRI dan Bank Mandiri. Sedangkan bagi guru yang lulus sertifikasi pada tahun 2013 hingga saat ini masih belum cair.

Karena mereka harus melakukan pemberkasan lagi, sebab pemberkasan yang pertama kemarin masih dilakukan verifikasi dan perlu dilakukan penelitian ulang, terutama terkait jam tatap muka dalam mengajar dan kesesuaian mata pelajaran yang dipakai sertifikasi dengan yang diajarkan disekolah.

“Untuk yang lulus 2013 masih kita teliti berkasnya, terutama jumlah jam mengajarnya harus 24 jam tatap muka dalam satu mata pelajaran. Pemberkasan yang pertama kemarin untuk dilakukan verifikasi awal,” jelasnya.

Kendala lain bagi guru sertifikasi 2013 adalah surat keputusan (SK) dari Dirjen dan Nomor Registrasi Guru (NRG) belum turun. Padahal kedua hal tersebut menjadi syarat pencairan dana tunjangan profesi.

Diketahui, selain tunjangan profesi, awal bulan Juli 2014 juga akan dicairkan tunjangan fungsional bagi guru non PNS. Sebanyak 2.942 guru dan persyaratannya harus sudah memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK). MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author