Published On: Jum, Des 16th, 2016

Aktif Investasi Masa Depan Masyarakat, MCL Jalankan Program PATRA DAYA

PLUMPANG

seputartuban.com – Wujud kepedulian Operator Blok Cepu, Exxon Mobil Cepu Limited (EMCL) kepada masyarakat, melalui Lembaga Studi Advokasi Lingkungan (eL-SAL) Indonesia, melakukan program peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan mutu pendidikan.

HARAPAN BARU : Peletakan batu pertama pembangunan Gedung PAUD program PATRA DAYA EMCL

Hasil usulan masyarakat sekala prioritas adalah penyediaan ruang belajar siswa. Pengerjaan pembangunan sarana pendidikan diatas lahan berukuran 10 X 50 Meter, yang terletak di Desa Kepohagung, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban. Diharapkan dapat membantu pemerintah dan masyarakat dalam upaya meningkatkan pembangunan mutu Sumber Daya Manusia (SDM).

Rabu (14/12/2016) di Kantor Desa Kepohagung, dilakukan musyawarah pelaksanaan program aksi kemitraan untuk pemberdayaan masyarakat (PATRA DAYA). Hadir masyarakat termasuk kaum perempuan dalam pertemuan wujud turut serta aktif menyukseskan program kepedulian itu.

MENGGALI USULAN : Program PATRA DAYA yang digali dari kebutuhan masyarakat sangat tepat sasaran

Pendamping pelaksana kegiatan, Muhammad Kharis (26) mengatakan kegiatan yang dilaksanakan adalah kegiatan bentuk kepedulian sosial perusahaan untuk pembangunan masyarakat berkelanjutan. “Dilaksanakanya program pembangunan ini sesuai hasil rembuk desa melibatkan seluruh masyarakat. Mereka menghendaki agar dibuatkan gedung sebagai sarana Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mengingat belum memiliki gedung sebagai sarana pendidikanya,” ungkapnya.

Pembangunan gedung PAUD tersebut dilaksanakan diatas tanah seluas 10 Meter X 50 Meter. Dengan luas bangunan seluas 9 Meter X 6,5 Meter. Sedangkan waktu pelaksanaan pembangunannya akan dilaksanakan selama 60 hari.

Bangunan yang berada di Dusun Penebusan RT 02 RW 08 itu dianggarkan Rp. 132,980,700. Dana tersebut bersumber dari Kemitraan PT EMCL sebesar Rp 130.000.000,  dan Biaya Operasioanl tim pelaksana sebesar Rp 2.000.000 dan biaya swadaya sebesar Rp 980.700.

Bantuan dibidan pendidikan tersebut merupakan wujud kepedulian PT EMCL yang disalurkan melalui program CSR. “Kegiatan PATRA DAYA ini meliputi program jangka panjang, yakni seluruh kegiatannya dilaksanakan disetiap jalur yang dialui pipa milik EMCL mulai daerah Ring I di wilayah Bojonegoro sampai wilayah Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban,” jelasnya.

KOMPAK DUKUNG : Lintas masyarakat hadir dalam musyawah pelaksanaan program PATRA DAYA di Kantor Desa Kepogahung

Ketua Tim pelaksana pembangunan, Koesma mengatakan masyarakat sangat berterima kasih atas program tersebut. Karena sasaran program kegiatan yang akan dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. “Dipastikan pelaksanaan pekerjaan ini akan selesai pada pertengahan bulan januari 2017. Akhir desember ini dipastikan mencapai 70 persen. Hari ini peletakan batu pertama melibatkan Pemdes, pendamping tekhnik eL-SAL,” katanya.

Peletakan batu pertama tersebut disaksikan oleh Kepala Desa Kepohagung, Hery Sulistyo yang diwakili oleh Sekdes, Ketut Setyowidodo. Pendamping tekhnik eL-SAL, Ivan Setiawan dan Muhammad Kharis,  Serta tim pelaksana kegiatan, Koesma.

Kegiatan serupa juga sudah dilakukan di Desa Banjaragung juga dilakukan pembangunan gedung PAUD. Kemudian di Desa Trutup pembangunan gedung SD, Di Desa Ngrayung juga dilakukan pembangunan gedung PAUD serta di Desa Leran Kulon, Kecamatan Palang dilakukan pembangunan Jogging Track. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author