Published On: Jum, Apr 27th, 2012

Akibat Rem Blong, Truk Tronton Tabrak 2 Kendaraan, 2 Luka

Share This
Tags

Penulis : Pito Suwarsono

SEMANDING

lokasi kejadian

kondisi kecelakaan

seputartuban.com – Akibat mengalami rem blong, truk tronton bermuatan semen menyeruduk truk tronton bermuatan genteng dan sebuah mobil kijang hingga ringsek, di jalur Pantura Tuban – Surabaya. Tepatnya di kilometer 10, Sesa Tunah, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, kamis (26/04/2012) sekitar pukul 16.30 sore.

Akibat kecelakaan beruntun yang melibatkan tiga kendaraan sekaligus tersebut, jalur Pantura Tuban – Surabaya dan Tuban – Semarang lumpuh total, sementara dua korban mengalami luka-luka.

Purnomo  (51) asal Gresik, sopir truk tronton pengangkut semen tersebut mengerang kesakitan di lokasi kejadian. Pasca di evakuasi oleh warga dari dalam kabin truk yang terguling.  Purnomo menderita luka patah tulang di kakinya, sementara itu januar (43) warga Pakis, Surabaya, kernet tronton hanya menderita luka ringan.

Kecelakaan berawal saat truk tronton bermuatan semen dengan Nopol L 8286 UE yang dikemudikan Purnomo (51) asal Kabupaten Gresik, melaju dari arah Tuban menuju Surabaya, dan saat melewati turunan di perbatasan patung kuda Desa Tunah tersebut.

Tiba-tiba rem truk mengalami blong dan tidak berfungsi, sehingga truk melaju tak terkendali, hingga menabrak truk tronton bernopol Z 9077 HB bermuatan genteng, yang dikemudikan Dede Tatang (49) asal Tasikmalaya, Jawa Barat, hingga terguling di sisi kiri jalan setelah menabrak tiang listrik, hingga muatan genteng tumpah.

Tak berhenti sampai disitu, truk semen yang diperkirakan bermuatan sekitar 40 ton semen tersebut, lalu menabrak mobil kijang Nopol B 2805 JG, yang dikemudikan oleh Franciskus Robby Kuswadi (38) asal Banjarmasin, hingga body mobil Kijang warna silver tersebut ringsek, namun sopirnya selamat.

Truk tronton pengangkut genteng langsung terpental setelah ditabrak dari belakang, hingga terguling di pinggir jalan setelah melewati parit. Sedangkan truk pengangkut semen terpelanting ke sisi kanan jalan hingga menabrak kijang.

Kiswanto (50) warga sekitar lokasi menuturkan, kecelakaan beruntun yang tejadi begitu cepat tersebut, sempat mengagetkan sejumlah warga di sekitar lokasi yang kebetulan sore itu tengah bersantai. Tiba-tiba truk semen melaju sangat kencang dan menabrak truk yang mengangkut genteng hingga terguling, dan setelah itu langsung menabrak mobil Kijang hingga ringsek.

“tiga kendaraan itu sama-sama dari arah utara mas,” ujarnya.

Namun saying, aksi tidak terpuji justru dilakukan warga di sekitar lokasi kejadian. Sejumlah warga tidak membantu mengevakuasi semen, namun malah asyik berebut tumpahan semen di jalan raya. Mereka pun sempat dihalau oleh petugas Polisi Lalu-lintas Polres Tuban yang bersiaga lokasi, agar turut membantu mengamankan semen yang tumpah ke jalan.

Akibat kecelakaan beruntun tersebut, jalur Pantura baik dari Tuban – Surabaya maupun Tuban – Semarang, mengalami kemacetan hingga 10 kilometer lebih, selama dua jam lebih pada saat evakuasi bangkai truk semen yang terguling dan melintang di tengah jalan.

Facebook Comments

About the Author