Published On: Sab, Feb 22nd, 2014

Akibat Cuaca, Petani Tomat Meradang

Share This
Tags

MONTONG

seputartuban.com – Curah hujan tinggi menyebabkan kwalitas tomat menurun, membuat petani merugi. Karena tomat diserang hama hingga membusuk, menyebabkan harga jual turun. Akibatnya petani harus menanggung kerugian.

petani Tomat Meradang

RESAH : Petani tomat saat dilahan pertanianya yang rusak akibat diserang hama

Salah satu petani tomat, Kusmain (38), warga Desa Pucangan, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, saat dikonfirmasi Jum’at (21/2/14),  mengatakan selama 2 bulan ini tanamannya diserang hama. Akibatnya, 100 meter persegi tanaman tomatnya hampir gagal panen.

8 ribu tanaman tomat dengan biaya produksi sampai Rp. 25 Juta tidak seperti yang diharapkan. Jika biasanya kondisi normal setiap panen bisa mendapatkan 25 ton sampai 30 ton. Namun setelah terserang hama penyakit hanya mampu memanen sekitar 15 ton. Karena kondisi tomat banyak membusuk.

Kondisi diperparah harga jual tomat merosot tajam. Semula jika kondisi tomat normal harga jual mencapai Rp. 2.500 sampai Rp. 3.000 per Kg. Namun karena saat ini kondisi tomat buruk, hanya laku terjual Rp. 500 sampai Rp. 1.000 per Kg . Akibat kondisi ini Kusmain hanya mampu mendapatkan hasil panen sampai Rp. 12 juta saja. “Ruginya ini selain terkena penyakit juga karena menurunnya harga,” keluhnya.

Masih menurut Kusmain, hama tomat ini menyerang pada akar dan daunnya. Sehingga bunga yang seharusnya menjadi tomat tidak dapat berproses dengan baik. Selain itu, juga mengakibatkan buah tomat berbau busuk, karena sejak tumbuh sudah dimasuki bakteri. “untuk panen kali ini memang ruginya sampai 50% dari modal mas,” harapnya. (am)

Facebook Comments

About the Author