Published On: Jum, Mei 13th, 2016

AKBP Guruh Arif Darmawan Tinggalkan Segudang Prestasi

TUBAN

seputartuban.com – Kemepimpinan AKBP Guruh Arif Darmawan sebagai Kapolres Tuban, Kamis (12/5/2016) pagi, resmi dilepas di Mapolda Jatim. Dia menempati jabatan baru sebagai Wakasat Brimob Polda Metro Jaya. Sedangkan posisinya digantikan AKBP Fadly Samad, yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubbagkaptpa Bagpangkat Robinkar SSDM Polri. Sesuai surat telegram Kapolri nomor ST/1059/IV/2016, tertanggal 28 April 2016.

DIGANTI : AKBP Guruh Arif Darmawan berjabat tangan dengan AKBP Fadly Samad

DIGANTI : AKBP Guruh Arif Darmawan berjabat tangan dengan AKBP Fadly Samad

“Terhitung sudah menjabat (Kapolres baru)” terang Kasubbag Humas Polres Tuban, AKP Elis Suendayati, Kamis, (12/5/2016) siang.

Data di Mapolres Tuban menyebutkan, selama 1 tahun 4 bulan menjabat sebaga Kapolres di Mapolres Tuban, kemepimpinan AKBP Guruh sudah berhasil mengungkap beberapa kasus kriminal menonjol. Yang menempati rangking pertama adalah perkara Judi. Sejak Januari tahun 2015 hingga awal Mei Tahun 2016 ini, dari 103 laporan yang diterima Polres Tuban seluruhnya telah berhasil diungkap dan kasusnya sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Tuban.

Sedangkan pada peringkat kedua kasus pencurian kayu milik perhutani KPH Tuban, KPH Jatirogo dan KPH Parengan, dari 73 kasus yang dilaporkan, sebanyak 67 perkaranya sudah dilimpahkan ke Kejari. Peringkat ketiga didominasi oleh perkara pencurian disertai pemberatan, dari 63 kasus yang diterima sebanyak 49 kasus perkaranya sudah disidangkan.

Pada kasus yang mendominasi peringkat ke empat ialah pada perkara penganiayaan dan perlindungan anak. Dari 48 kasus laporan perkara yang diterima, sebanyak 43 perkaranya sudah dilimpahkan untuk disidangkan. Sedangkan untuk perkara perlindungan anak dari 54 kasus, sebanyak 43 kasus sudah dilimpahkan kasusnya ke Kejari Tuban. Peringkat kelima didominasi oleh perkara Curanmor, dari 69 laporan yang diterima. Sebanyak 28 atas perkara itu sudah diselesaikan dan dilimpahkan untuk disidangkan.

Pada peringkat ke enam didominasi oleh perkara penipuan, Undang-undang Pangan dan Miras. Dari 45 laporan kasus penipuan, 25 kasus sudah diselesaikan dan dilimpahkan. Sedangkan pada perkara Pangan/Miras, dari 26 laporan yang diterima 25 kasus atas perkara itu sudah dilimpahkan. Pada peringkat ke tujuh ditempati oleh perkara pencurian biasa, dari 30 laporan yang diterima, sebanyak 27 perkara sudah diselesaikan. Pada posisi peringkat ke delapan perkara pengeroyokan, dari 34 kasus yang diterima, sebanyak 24 kasus atas perkara tersebut sudah dilimpahkan untuk disidangkan. Sedangkan pada kasus yang menempati peringkat ke 9 adalah perkara penggelapan, dari 31 perkara yang diterima, 13 perkara sudah dilimpahkan untuk disidangkan. Serta pada peringkat ke sepuluh adalah perkara tambang, dari 12 laporan kasus yang diterimanya, sebanyak 10 perkara kasusnya sudah dilimpahkan ke Kejari Tuban. Selain itu, kasus Narkoba yang sudah diselesaikan pihak Sat Res Narkoba Polres Tuban seluruhnya berjumlah 107 perkara. Jumlah itu berdasarkan 62 Kasus dengan rincian perkara Narkotika 8 dan perkara Daftar-G sebanyak 54. Jumlah terbut merupakan hasil penanganan perkara selama Tahun 2015.

Sedangkan pada awal tahun 2016 terhitung sejak Januari Hingga awal Mei, telah menyelesaikan sebanyak 45 kasus dengan rincian 6 kasus berkaitan dengan peredaran Narkotika, dan 39 kasus berkaitan dengan peredaran pil Daftar-G.

Daftar panjang kiprah guruh di Polres Tuban masih melimpah. Diantaranya penangkapan terbanyak sepanjang sejarah Polres Tuban dengan jumlah barang bukti karnopen terbanyak yakni 60 ribu butir dan 560 ribu butir karnopen. Nominator Kompolnas Award, program air kemanusiaan kemarau, siaga tebang pohon roboh, pendekar anti Narkoba, Gus Lantas, pemberantasan dan solusi pengusaha arak, Jumat keliling. Selain itu juga membuat budaya melek Medsos seluruh jajaranya, kampung bebas Narkoba, mengembalikan belasan sepeda motor yang telah dicuri dan lainya.

Sedangkan diakhir jabatanya dia membuat tinggalan program jangka panjang. Yakni menerbitkan 1,000 buku khutbah jumat Kamtibmas. Yang akan dibagi kepada seluruh takmir masjid se-Kabupaten Tuban. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Berita Terkini

Videos