Published On: Sab, Agu 30th, 2014

Akan Dibangun Terminal Wisata Boom Senilai Rp. 10 Miliar

Share This
Tags

TUBAN

Salah satu sudut terminal wisata tuban (TWT) yang belum oprimal kegunaanya

Salah satu sudut terminal wisata tuban (TWT) yang belum oprimal kegunaanya

seputartuban.com – Keberadaan Termisata Wisata Tuban (TWT) yang menelan dana milyaran hingga kini operasionalnya belum optimal. Namun Pemkab Tuban berencana membuat Terminal Wisata di kawasan pantai Boom Tuban pada tahun depan dengan anggaran direncanakan hingga Rp. 10 milyar.

Saat ini Pemkab Tuban, melalui Dinas Perekonomian dan Pariwisata Pemkab Tuban, sedang menganggarkan Rp. 10 milyar dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (ABPD) tahun anggaran 2015.  Direncanakan terminal wisata ini akan dibangun sisi timur pintu masuk pantai Boom Tuban seluas 2 hektar. Tahapan yang sedang dilaksanakan adalah melakukan perencanaan teknis, studi amdal dan menyiapkan andalalin.

“Untuk tahun ini kita lakukan estimasi dan perencanaan teknisnya, sehingga nanti di tahun 2015 sudah bisa dilakukan pelaksanaan pembangunan fisiknya,” jelas Kepala Disperpar, Farid Achmadi, Sabtu (30/08/2014).

Selama ini, area pintu masuk pantai Boom nyaris tak terlihat. Karena didepan kawasan ini dipakai parkir bus dan kendaraan besar lainya. Karena terminal wisata  di kawasan Jalan Gajah Mada Tuban sudah mulai ditinggalkan bus peziarah. Karena para pengemudi memarkir kendaraanya disisi utara alun-alun Tuban ini karena jaraknya lebih dekat dengan kawasan Makam Sunan Bonang.

“Pembangunan terminal wisata Boom tersebut bertujuan untuk menata kendaraan para pengunjung yang datang di tempat wisata itu, sebab saat ini dilokasi wisata itu tidak ada tempat parkir dan terkesan semerawut didepan pintu masuk wisata Boom,” sambung Farid.

Terminal Wisata Boom ini juga diproyeksikan untuk digunakan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang saat ini berjualan di kawasan depan Masjid Agung Tuban dan sekitar alun-alun serta PKL di depan pintu masuk wisata Boom Tuban.

“Nantinya, pemanfaatannya tidak hanya untuk penataan parkir saja, juga para PKL kita pindah kesana. Sehingga lebih tertib dan sebagai bentuk peningkatan ekonomi para pedagang,” pungkasnya. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author