Published On: Tue, Sep 11th, 2012

Akademi Komunitas Resmi Buka, Sementara Waktu Masih Numpang

Share This
Tags

Penulis : Hanafi

TUBAN

seputartuban.com – Mungkin masyarakat luas belum mengetahui ada program dari Kementrian Pendidikan Republik Indonesia bahwa disejumlah daerah didirkan Akademi Komunitas. Akademi negeri ini dibawah sudah beroperasi mulai tahun ini. Termasuk di Kabupaten Tuban sudah 34 Mahasiswa terdaftar dan memulai melakukan aktifitas akademik.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Tuban, Sutrisno, saat dikonfirmasi seputartuban.com selasa (11/09/2012) menjelaskan AK bertujuan memberi kemudahan masyarakat masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).  Serta sebagai upaya mengangkat potensi calon mahasiswa yang berprestasi didaerah.

Saat ini sebanyak 34 Mahasiswa yang sudah masuk dalam program ini. Dan sudah menjalankan aktifitas akademiknya dengan sementara waktu masih memakai fasilitas gedung milik Sekolah Menengah kejuruan (SMK) Negeri 1 Tuban.

Dan program pendirian AK ini masih dianggarkan oleh Kemendiknas sebesar Rp. 2 Milyar untuk membangun fasilitasnya. “Dana belum turun, sementara masih menggunakan gedung SMK N 1 Tuban. Dan sudah berjalan di Tahun Ajaran (TA) ini,” ungkapnya.

Sementara itu, saat ini AK Tuban sudah membuka proses pendidikan jurusan pendidikan vokasi atau ketrampilan setingkat diploma I (D-I) ataupun Diploma II (D-II).  Dan memiliki program studi Otomotif/ Elektro, Agro, Teknologi Informasi dan Perhotelan. “Sudah ada 34 mahasiswa yang masuk, semuanya jurusan informatika, untuk elektro belum ada yang masuk,” jelas Kepala Disdikpora ini.

Diketahui,  Program ini bertujuan tujuan mempermudah bagi calon mahasiswa yang kurang mampu dan ingin melanjutkan ke bangku kuliah di Universitas Negeri.  Karena kebanyakan berada di kota- kota besar dan masih terkendala jarak. Adapun sasaran dibuatnya pendirian AK adalah meningkatkan kwalitas ketenagakerjaan, dan memperbesar akses masyarakat yang melanjutkan pendidikanya ke Perguruan Tinggi (PT).

Foto : Kepala Disdikpora Kab. Tuban, Sutrisno

About the Author

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. rafka says:

    pendaftarannya dimana..dan apa persyaratannya..!trims