Published On: Sab, Jul 25th, 2015

Air Kepedulian Polres Tuban Basahi Desa Genaharjo

SEMANDING

BERBAGI : Aparat Polsek Semanding saat berbagi air bersih

BERBAGI : Aparat Polsek Semanding saat berbagi air bersih

seputartuban.com – Perintah Kapolres Tuban, AKBP Guruh Arif Darmawan untuk menjalankan opera membantu warga yang dilanda kekeringan mulai dijalankan anggotanya. Diantaranya Polsek Semanding membantu warga Desa Genaharjo, Kecamatan Semanding.

Selama 2 hari, Polsek mengirimkan bantuan air dengan menggunakan mobil tangki dan mobil patroli Sabhara. “Sudah saya instruksikan kepada seluruh Kapolsek untuk menjalankan program kemanusiaan ini,” jelas Kapolres, Jumat (24/07/2015).

BERBAGI : Aparat Polsek Senori saat berbagi air bersih

BERBAGI : Aparat Polsek Montong saat berbagi air bersih

Dua dusun di Desa Genaharjo selama 2 hari berturut-turut dikirimi air bersih. Masing-masing 2 mobil tangki dan 2 kali mobil patroli Sabhara. “Selain dari kami juga dibantu mobil tangki perusahaan,” imbuh Kapolres.

Kepala Desa Genaharjo, Madri mengaku sangat berterima kasih atas kepedulian dari pihak Kepolisian. “Sudah 2 hari dikirimi, desa kami langganan kekeringan tiap tahun. Kami sangat berterima kasih atas bantuan airnya. Dari Pemkab dikirimi baru sekali,” ungkapnya.

BERBAGI : Aparat Polsek Senori saat berbagi air bersih

BERBAGI : Aparat Polsek Senori saat berbagi air bersih

Desa yang memiliki jumlah 4.600 penduduk yang terbagi dalam 1500 Kepala Keluarga (KK) itu masih belum keluar dari permasalahan kekeringan. Upaya pembuatan sumur bor juga belum berhasil. “Pernah di bor tapi sumbernya kecil tidak bisa disalurkan,” ungkapnya.

Di Dusun Gempol masyarakat terbantu saluran air dengan cara grafitasi dari sumber air desa tetangga. Sedangkan dusun lainya masih kekeringan. “Kalau ambil air sendiri jalan ke sendang bisa mencapai 2 KM,” katanya.

Kades berharap Pemkab Tuban dapat merealisasikan permohonan yang pernah diajukan. Yakni pembangunan tembok penahan air (semacam bendungan) di Sendang Pancur desa setempat. “Kalau dibangun tembok, airnya tidak terbuang sia-sia. Saat kemarau bisa dialirkan atau dimanfaatkan untuk masyarakat,” harapnya.

Program bantuan air bersih ini juga dilakukan oleh Polsek Grabagan, Polsek Senori, Polsek Montong dan Polsek Kerek. MUHAIMIN

Facebook Comments

About the Author