Published On: Kam, Okt 5th, 2017

Air Kepedulian Bupati Tuban Basahi Banyak Warga

seputartuban.com, MONTONG – Bupati Tuban, Fathul Huda tidak hanya peduli terhadap kondisi rakyatnya yang sedang dilanda kekeringan dari balik meja kerjanya saja. Namun lebih dari itu, dia ikut terjun langsung membagikan air bersih kepada masyarakat di pedesaan. 

AIR KEPEDULIAN : Bupati Tuban, Fathul Huda saat menuangkan bantuan air bersih kepada warga Desa Maindu, Kecamatan Montong

Sejumlah tantangan terjadi saat upaya memenuhi kebutuhan air bersih kepada masyarakat dilakukan. Diantaranya adalah sulitnya sumber air di kawasan desa yang langganan mengalami kekeringan. Dibeberapa titik pengeboran mengalami kegagalan saat dilakukan tes geolistik penentuan titik lokasi, sehingga harus dilakukan tes kembali pada titik lokasi lainnya yang dianggarkan ditahun berikutnya. 
Blusukan desa ini dilakukan bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lokasi kekeringan untuk mengetahui kondisi langsung. Sehingga akan mengetahui langsung kondisi sebenarnya di lokasi dan mengetahui permasalahan lapangan, sehingga solusi yang dilakukan dapat tepat sasaran. 

Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan pembagiab air bersih yang dilaksanakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang sebelumnya sudah rutin dilaksanakan pada wilayah desa-desa terdampak. 

Kegiatannya dimulai pada tanggal 4 Oktober 2017 di Desa Sidonganti Kecamatan Kerek. Serta Desa Nguluhan dan Desa Maindu Kecamatan Montong, untuk desa-desa terdampak lainnya akan dipilih secara sampling dari 9 Kecamatan.

Kehadiran Bupati dilokasi droping air bersih disambut dengan antusias oleh warga, kebanyakan dari mereka berharap dengan kehadiran Bupati permasalahan kekeringan akan segera dapat teratasi. Seperti terlihat di Desa Sidonganti saat Bupati menyampaikan komitmennya dihadapan masyarakat Dusun Tegal Guo yang pada Tahun 2018 nanti saluran air bersih akan sampai hingga ke dusun mereka. 

“Alhamdulillah sumur uji di Dusun Soco Desa Sidonganti telah berhasil, kita akan lakukan penarikan pipanisasi hingga ke Tegal Guo. Karena jarak yang cukup panjang, yaitu kurang lebih tiga kilo meter, untuk itu akan disinergikan dengan program PAMSIMAS 2018, ” Jelas Bupati.

Hal yang sama juga terlihat di Desa Maindu dan Desa Nguluhan Kecamatan Montong, di tahun depan juga dianggarkan pengembangan sarana prasarana air bersih. Karena tahun 2014, Desa Nguluhan pernah gagal karena kapasitas sumur yang kecil, maka tahun 2018 akan dilaksanakan lagi pembuatan sumur uji. Diharapkan dari sumur ini akan didapatkan hasil yang optimal agar kebutuhan akan air bersih dapat segera tercukupi. 

Dalam kegiatan ini, Bupati juga menyempatkan berkunjung silaturahim ke TPQ yang sedang dibangun di desa yang sama dengan lokasi kekeringan. Hal ini untuk melihat kondisi langsung TPQ yang akan dialokasikan bantuan hibah APBD tahun 2017 dan 2018. Silaturahim ke TPQ untuk mendukung program Pemkab Tuban dalam rangka mewujudkan Kabupaten Tuban yang lebih Religius. hms/Nal

Facebook Comments

About the Author

komentar dengan santun

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>