Published On: Jum, Nov 11th, 2016

99 Cakades Siap Bersaing, 2 Desa Batal Pilkades

TUBAN

seputartuban.com – Jumlah pasti Calon Kepala Desa (Cakades) dalam Pilkades serentak kabupaten Tuban tahun ini ada 99 nama. Kepastian jumlah tersebut setelah didapat dari penetapan panitia Pilkades di masing-masing desa pada awal bulan ini.

pilkadesKepala Bapemas Pemdes dan KB, Kabupaten Tuban, Mahmudi, menyampaikan, sesuai dengan data yang diterima, ada 99 Calon kades yang siap bersaing di pesta demokrasi desa tersebut. Para Cakades sudah ditetapkan antara tanggal 3 hingga 7 November lalu. Hasilnya diumumkan pada 8 November 2016.

Namun dari 36 desa yang dijadwalkan mengikuti Pilkades serentak akhir tahun ini, nyatanya 2 desa batal dan akan mengikuti Pilkades serentak 2018. Yakni Desa Sumber Kecamatan Merakurak dan Desa Boncong Kecamatan Bancar.

Kedua desa tersebut setelah melalui pemeriksaan berkas administrasi pendaftaran bakal calon, tidak memenuhi syarat. Sehingga panitia desa tidak meloloskan pendaftar tersebut. Sehingga hingga batas akhir tahapan penetapan calon sudah dilakukan, hasilnya tidak ada calon Kades.

Memang sebelumnya kedua desa tersebut hingga batas akhir pendaftaran bakal calon yakni pada tanggal 20 september masih belum terdapat bakal calon yang mendaftar. Kemudian Bapemas Pemdes dan KB memberikan waktu tambahan pendaftaran Balon hingga 15 Oktober.

Mahmudi melanjutkan, setelah ditetapkan 99 calon kades itu, nantinya calon kades tersebut dikenalkan kepada warga dengan memasang gambar dan nomor urutnya. Sehingga para calon juga akan kampanye atau sosialisasi ke warga. “Untuk kampanye akan dilakukan pada tanggal 2 Desember lalu hari tenangnya pada 5 Desember,” terangnya.

Terkait pencairan dana penyelenggaraan Pilkades, hingga saat ini masih banyak desa yang belum mencairkan. Padahal tanggal 8 Desember nanti Pilkades harus terselenggara. Baru sekitar sepuluh desa yang sudah mencairkan dana, sedangkan 24 desa lainnya masih proses pencairan.

Diketahui, untuk menjaga kualitas pesta demokrasi desa, panitia lokal ditekankan agar melaksanakan debat kandidat pada Pilkades 2016 ini. Dengan tujuan, debat kandidat tersebut bisa menjadi ajang bagi masing-masing calon untuk adu kualitas visi dan misi. Selain itu dapat memberikan pendidikan politik kepada masyarakat. USUL PUJIONO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Berita Terkini

Videos