Published On: Kam, Mei 7th, 2015

90 Sepeda Motor Dikeler ke Polres Tuban

TUBAN

GIAT 21: Sejumlah pelanggar tengah mengantri surat tilang dari aparat Sat Lantas Polres yang sedang menggelar razia di Jalan KH Agus Salim Tuban, Rabu (06/05/2015) siang.

GIAT 21: Sejumlah pelanggar tengah mengantri surat tilang dari aparat Sat Lantas Polres yang sedang menggelar razia di Jalan KH Agus Salim Tuban, Rabu (06/05/2015) siang.

seputartuban.com – Aparat Sat Lantas Polres Tuban panen sepeda motor dari jalan raya menyusul operasi penertiban yang digelar sepanjang Rabu (06/05/2015) siang.

Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 90 unit motor langsung dikeler ke Polres Tuban karena berbagai pelanggaran. Paling banyak motor-motor tersebut terpaksa diamankan karena tidak dilengkapi STNK.

Sasaran lain adalah pengendara motor yang tidak bisa menunjukkan SIM maupun motornya sudah berubah dari bodi aslinya atau menyimpang dari spesifikasi standar pabrikan.

Kanit Turjawali Sat Lantas Polres Tuban, Aiptu Jamhari, mengatakan rangkaian operasi yang terselenggara selama satu jam di Jalan KH Agus Salim tersebut bermaksud memberikan penyadaran pada masyarakat tentang tertib berlalulintas.

“Ini adalah rangkaian operasi rutin yang kami gencarkan untuk memberikan penyadaran pada masyarakat tentang ketertiban berkendara di jalan raya,” ungkapnya.

Menurut Jamhari, sasaran dari kegiatan tersebut adalah untuk memberikan efek jera pada pengguna jalan. Mengingat  masih banyak masyarakat Kabupaten Tuban yang mengabaikan peraturan berlalulintas.

“Dari hasil operasi giat 21 ini diantaranya 90 kendaraan roda dua kami bawa ke Mapolres Tuban karena pemilik kendaraan tidak dapat menunjukan kelengkapan kendaraanya” imbuhnya.

Rata-rata pemilik 90 motor yang terjaring razia tersebut adalah pelajar SMA sederajat yang kendaraanya tidak di sertai kelengkapan yang di syaratkan. Seperti ukuran ban, spion, knalpot bising dan tidak memiliki SIM.

Sementara pengendara tanpa kepemilikan SIM sebanyak lima orang, tidak dapat menunjukkan STNK 62 orang, dan kendaraan yang tidak sesuai spesifikasi sebanyak 23 unit.

KBO Sat Lantas Polres Tuban, Ipda Agus Edy Pranoto, menambahkan tujuan kegiatan ini adalah untuk mengurangi angka kecelakaan serta menumbuhkan kesadaran masyarakat berlalulintas.

Dia menyebutkan, bagi kendaraan yang terjaring razia tersebut tidak dilakukan sidang di tempat. Para pelanggara ini harus mengikuti sidang langsung di Pengadilan Negeri (PN) Tuban, Rabu (16/05/20150 mendatang. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author