Published On: Jum, Apr 4th, 2014

90 Persen Penderita Katarak Karena Faktor Usia

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Dari 187 penderita katarak di Kabupaten Tuban pada tahun 2013, setelah dilakukan screening atau mengidentifikasi penyakit oleh tim medis, hanya 28 orang yang benar-benar menderita katarak. Semua penderita tersebut sudah dilakukan operasi medis.

Operasi katarak gratis Semen Indonesia

BERSYUKUR : Salah satu penderita katarak usai menjalani operasi gratis beberapa waktu lalu

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, Syaiful Hadi saat dikonfirmasi, Kamis (3/4/2014) mengatakan, dari data yang ada 90 persen penyakit katarak disebabkan karena faktor usia. Faktor lainya karena trauma, diabetes dan hipertensi.

“Yang disebabkan oleh penyakit lain, itu tidak bisa dilakukan operasi bila penyakit yang menyertai tersebut tidak diobati terlebih dahulu,” ungkap Syaiful.

Saiful menegaskan 28 penderita katarak yang sudah terdeteksi Dinkes sudah semuanya dilakukan operasi medis. “Penderita katarak sudah kita dilakukan operasi yang kerjasama dengan PT. Semen Indonesia. Untuk tahun ini masih kita data dan kita rencanakan juga akan kerjasama lagi,” sambungnya.

Untuk tahun 2014, Dinkes belum memiliki data penderita katarak, karena belum dilakukan pendataan. Namun data sementara yang sudah diterima, setiap seminggunya ada 2 sampai 3 penderita katarak yang melakukan operasi dirumah sakit Dr. Koesma Tuban. “Dihimbau kepada masyarakat agar membudayakan berperilaku hidup sehat dan bersih, sering makan buah-buahan yang berwarna merah dan bila menonton televisi tidak terlalu dekat serta dengan tiduran,” pungkas Saiful. (lis)

Facebook Comments

About the Author