Published On: Kam, Des 1st, 2016

877 Pengguna Jalan Ditilang Selama Operasi Zebra

TUBAN

seputartuban.com – Sebanyak 988 pengendara dan pengemudi kedaraan bermotor ditindak selama Operasi Zebra 2016. Sejak Rabu (16/11/2016) hingga Selasa (29/11/2016). Dengan rincian sebanyak 877 kendaraan dikenakan sanksi tilang, dan 111 kendaraan lainya mendapat teguran.

PENEGAKAN HUKUM : Pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2016

PENEGAKAN HUKUM : Pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2016

Tertinggi, pelanggaran lalulintas itu terjadi di jalur tengah. Yakni berada disepanjang Jalan Basuki Rachmad Tuban. Sebanyak 502 pengendara kendaraan jenis roda 2 dan roda 4 ditilang karena melanggar Jalur satu arah.

Sedangkan lokasi pelanggaran lalulintas kedua berada di jalur utama, yakni ruas jalan yang dilalui oleh kendaraan-kendaraan besar. Diruas jalur itu petugas Sat Lantas Polres Tuban menilang sebanyak 375 pengendara dan pengemudi.

Untuk kendaraan jenis Roda 2, sebanyak 457 tilang diberikan bagi pengendara yang terbukti melanggar marka atau rambu, 114 tilang diberikan bagi pengendara tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) maupun mereka yang tidak dapat menunjukkan surat kelengkapan kendaraan.

77 tilang diberikan bagi pengendara yang tidak menggunakan helm, serta 37 tilang diberikan bagi pengendara yang tidak melengkapi kendaraan sesuai dengan standarisasi yang diperbolehkan.

Sedang untuk kendaraan Roda 4 atau lebih, sebanyak 52 pengemudi ditilang karena melanggar marka atau rambu. 17 tilang diberikan kepada pengemudi yang tidak mengenakan Savety Belt atau sabuk pengaman saat mengemudi. 10 tilang diberikan kepada pengemudi yang tidak dapat menunjukkan kelengkapan surat kendaraan atau SIM. Serta 4 tilang diberikan kepada pengemudi yang mengangkut muatan melebihi berat beban yang ditentukan.

“Tertinggi didominasi oleh karyawan atau pekerja swasta dengan jumlah pelanggaran sebanyak 585 pelanggar. Kemudian pelajar sebanyak 182 pelanggar, mahasiswa sebanyak 39  pelanggar, dan Pegawai Negeri Sipil sebanyak 2 pelanggar,” terang Kanit Turjawali Satlantas Polres Tuban, IPDA Asik Syamsul Hadi. Rabu, (30/11/2016) siang.

Menurutnya, jika dibandingkan dengan data Kamseltibcar Lantas pelaksanaan Operasi Zebra Polres Tuban ditahun sebelumnya pelanggaran kali ini mengalami penurunan. “Tahun ini menurun karena banyaknya kegiatan yang dilaksanakan anggota, seperti pengamanan lalulintas antisipasi unjuk rasa, pengamanan kegiatan sepeda Santai. Pengamanan kedatangan Presiden, serta didukung faktor cuaca yang kurang mendukung,” pungkasnya. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author