Published On: Sab, Apr 6th, 2013

86 Anak Kebutuhan Khusus, Ikuti Seleksi Porseni Kabupaten

Share This
Tags

TUBAN

SEMANGAT : Siswa ABK saat mengikuti seleksi Porseni Kabupaten

SEMANGAT : Siswa ABK saat mengikuti seleksi Porseni Kabupaten

seputartuban.com – 86 siswa anak berkebutuhan khusus (ABK) tingkat SD, SMP dan SMA mengikuti seleksi Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) tingkat kabupaten. Di Aula Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), Pemkab Tuban, Sabtu (06/04/2013).

Seleksi kegiatan seni diikuti 60 ABK. Seperti gerak dan lagu, menyanyi, melukis, kreasi kewirausahawan. instalasi telekomunikasi, tata rias wajah, melukis dan mewarnai. Kegiatan ini diikuti semua tingkatan, mulai SMA, SMP, SD hingga TK.

Sedangkan kegaiatan olahraga diikuti oleh 26 ABK. Dari tingkatan SMA, SMP dan SD. Adapun perlombaan yang diujikan seperti Lari 100 meter, 60 meter dan 50 meter, Bulu tangkis dan Lompat Jauh.

Salah satu juri seni yang juga guru Sekolah Luar Biasa (SLB) Jatiwiyata Dharma, Suwignyo saat dikonfirmasi mengatakan, kegiatan ini sangat mendukung apresiatif serta kreatifitas siswa. Sehingga tumbuh kembang anak didiknya dapat diketahui dan dibina.

Menurutnya, penilaian tidak hanya dari hasil, namun lebih pada kemauan, kemampuan, nalar dan kemandirian. Setiap lomba memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Jadi ABK harus mampu menyelesaikan tanpa bantuan pembinanya.

“Kita gali terus perkembangan dan kemampuan setiap ABK. Meskipun hasil yang menentukan, namun kita cenderung pada personalnya. Dimana siswa mampu bersain agar maju,

Ketua Panitia Seleksi Porseni, Retno Winarlin saat dikonfirmasi mengatakan dalam seleksi ini, juara 1 dan 2 akan mengikuti Porseni ABK tingkat Propinsi Jatim. Yang rencananya akan dilaksanakan apada pertengahan April 2013.

” Semua pendanaan dari dinas semua. besarnya kurang faham saya. Setelah seleksi ini kita langsung kirimkan untuk Porseni ABK Propinsi, ” pungkas  Kasi Kesiswaan, Bidang TK/SD itu.

Diketahui, dalam seleksi ini diikuti 9 sekolah. Diantaranya SDLB Negeri Tuban, SMP LB, Negri Tuban. SMA LB Wiyata Bhakti, TK LB Wiyata Bhakti. SLB – A dan C Jati Wiyata Dharma. SLB- B Jati Wiyata Dharma,  SD Inklusif Sidorejo 2 Tuban. SD Inklusif Merakurak dan SD Inklusif Purworejo Jenu. (han)

Facebook Comments

About the Author