Published On: Sen, Okt 3rd, 2016

801 PNS Pemkab Tuban Akan Ditarik Provinsi

TUBAN

seputartuban.com – Dengan ada perubahan beberapa regulasi mengakibatkan adanya perubahan pula terhadap beberapa SKPD. Seperti halnya Dinas Pertambangan dan Energi, Dinas Kelautan, Kebagpol dan Pendidikan Menegah yang kewenangannya ditarik propinsi.

Kepala BKD Tuban, Nur Hasan

Kepala BKD Tuban, Nur Hasan

Hal itu berdampak adanya perubahan terhadap pegawai yang ada saat ini. Di Kabupaten Tuban ada sebanyak 801 pegawai negeri sipil (PNS) yang akam ditarik oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Tuban, Nur Hasan mengatakan bahwa saat ini peralihan PNS yang akan ditarik oleh provinsi sudah siap. Semua dokumen para pegawai sudah disiapkan dan masih menunggu proses. “Semuanya sudah kita siapkan, tinggal menunggu petunjuk dari provinsi,” kata, Nur Hasan.

Dengan ditariknya pegawai itu membuat berkurangnya pegawai yang dimiliki oleh Pemkab Tuban. Selain itu, juga mengurangi beban pembiayaan atau gaji pegawai.

Pegawai non PNS juga mengalami hal yang sama. Yakni akan ditarik menjadi pegawai provinsi, terkait pembiayaan gaji menjadi tanggungjawab instansi terkait. “Bagi pegawai non PNS bukan menjadi kewenangan kita, itu urusan dari instansi terkait,” sambungnya.

Sementara itu, hingga saat ini belum ada rencana atau petunjuk pengangkatan untuk PNS baru. Sehingga untuk memenuhi kekurangan pegawai, instansi terkait harus bisa memberdayakan tenaga yang dimiliki.

Nur Hasan menambahkan, bahwa kekurangan pegawai yang dialami oleh Pemkab Tuban hingga saat ini sebanyak 5.000 pegawai. Sedangkan PNS yang akam ditarik ke provinsi adalah guru tingkat SMP dan SMK, Dinas Pertambangan dan Energi, Dinas Kelautan dan juga Kesbagpol. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author