Published On: Sel, Nov 10th, 2015

800 Personil Tangguh Siap Amankan RI-1 di Tuban

JENU

AMANKAN PRESIDEN: Personil gabungan TNI dan Polri saat melakukan gladi pemanganan di  kawasan kilang TPPI di Desa Remen, Kecamatan Jenu, Senin (09/11/2015) siang.

AMANKAN PRESIDEN: Personil gabungan TNI dan Polri saat melakukan gladi pemanganan di kawasan kilang TPPI di Desa Remen, Kecamatan Jenu, Senin (09/11/2015) siang.

seputartuban.com-Kapolres Tuban AKBP Guruh Arif Darmawan menyatakan Bumi Wali siap menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (11/11/2015).

Tak kurang dari 800 personil pilihan yang merupakan gabungan Polri dan TNI disiagakanuntuk mengamankan RI-1, sebutan lain Presiden RI, baik secara fisik maupun lokasi yang menjadi titik kunjungan Jokowi yakni kilang TPPI di Desa Remen, Kecamatan Jenu.

“Kita jamin selama kunjungan Pak Presiden di Tuban berjalan lancar tanpa kendala apapun. Kita sudah siagakan 800 personil gabungan TNI dan Polri untuk menjaga terselenggaranya kegiatan sampai selesai,” ungkap Kapolres Tuban AKBP Guruh Arif Darmawan didampingi Kabag Ops Kompol Hendry Soelistiawan saat jeda gladi pasukan di kawasan kilang TPPI, Senin (09/11/2015) siang.

Hendry menerangkan, 800 personil gabungan tersebut terdiri dari 129 anggota Sabhara Polres Tuban, empat Polwan Polres Tuban, satu regu dari unit penjinak bom dengan peralatan lengkap seperti detektor miror dan penembak jitu, satu regu pasukan Barakuda serta satu regu Pol Air untuk mengamankan area pantai.

Sedangkan unsur pengamanan lain yang terlibat di antaranya 1 SST Den Pom Mojokerto, 1 SSK Kodim 0811 Tuban, 1 SSK Polres Tuban, 2 SST gabungan intel Kodam V Brawijaya. Kemudian 1 SST Tim Harpal, 1 SST Yonif 500 Raider, 1 SSK Yonif 521, 1 SST Rantis Tuban, 1 SST Sastra TNI Angkatan Udara, 1 SST Satpol PP Tuban, 1 SST Unit Damkar Pemkab Tuban dan satu regu Denkeysyah.

Menurut Hendry, diperkirakan Presiden Jokowi akan tiba di Tuban pukul 16.00 wib dengan menggunakan tiga helikopter yang akan langsung mendarat di kawasan kilang TPPI. Jokowi dijadwalkan meninggalkan Tuban pukul 16.50 wib. Apel pasukan akan dipimpin Danrem 082/CPYD Kolonel infanteri Irham Waroihan mulai pukul 08.00 wib.

Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo

Jadwal Safari Blusukan Jokowi di Jawa Timur

Untuk diketahui, hari pertama kunjungannya di Jawa Timur Presiden Jokowi akan menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pahlawan, Selasa (10/11/2015).

Setelah itu Jokowi akan melakukan kunjungan ke galangan kapal milik PT Adi Luhung Saran Segara (ALSSI) di Bangkalan sebagai bentuk keseriusan pemerintah dalam upaya menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Di lokasi tersebut, Presiden Jokowi akan meresmikan kapal khusus pengangkut ternak KM Camara 1, KM Sabuk Nusantara 56, dan KM Sabuk Nusantara 55 yang merupakan kapal perintis tipe 750 DWT.

Sore harinya, Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertolak ke Malang guna membuka turnamen sepak bola Sudirman Cup 2015.

Sementara di Tuban, Jokowi akan melihat dari dekat pemrosesan bahan bakar minyak jenis premium di kilang TPPI. Proses ini sendiri diperkirakan dapat mengurangi impor premium hingga 20 persen atau setara dengan 61.000 barel per hari. Dengan asumsi harga BBM atau gasoline mencapai 60 Dolar AS per barel.

Dengan begitu akan diperoleh penghematan devisa senilai 1,9 miliar Dolar AS per tahun yang juga setara dengan Rp 24 triliun per tahun. Seelah meninggalkan Tuban, Presiden Jokowi  bakal menyempatkan diri meluncurkan program penciptaan lapangan kerja melalui sinergi investasi dengan pondok pesantren di Kabupaten Gresik.  ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author