Published On: Sel, Des 6th, 2016

762 Personil Gabungan Siap Amankan Pilkades Serentak

TUBAN

seputartuban.com – 762 personil gabungan akan diterjunkan untuk melakukan pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Tuban, Jumat (8/12/2016). Kesiapan personil dilakukan dengan dilakukan Apel Gelar Pasukan dan Simulasi Pengamanan Pilkades, Senin (5/12/2016) di alun-alun Tuban.

SIAGA PILKADES : Kapolres Tuban dan Dandim Tuban saat memeriksa pasukan

SIAGA PILKADES : Kapolres Tuban dan Dandim Tuban saat memeriksa pasukan

Ratusan personil itu terdiri dari 360 personil Polres Tuban, 100 personil TNI, 226 personil Linmas, dan 76 Personil Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Pemkab Tuban.

Untuk menunjang pelaksanaan pengamanan, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, mereka didukung sejumlah peralatan. Yakni 30 unit kendaraan roda 4 milik Polres dan Polsek jajaran, 78 Unit kendaraan roda 2, 1 untik kendaraan Water Canon, 2 Unit kendaraan Ambulan, 100 Unit tameng, serta 100 buah tongkat pemukul sepanjang 1 meter.

“Gelar pasukan ini merupakan awal dari persiapan utk menyambut Pilkades serentak. Adanya apel gelar pasukan ini membuktikan kesiapan dan mengukur kekuatan pasukan dalam pengamanan Pilkades,” terang Kapolres Tuban, AKBP Fadly Samad.

Menurut Kapolres, tujuan dilaksanakanya kegiatan tersebut untuk mempermudah melakukan pemeriksaan kesiapan anggota. Serta memberikan arahan secara langsung kepada anggota, serta memberikan petunjuk dalam pelaksanaan pengamanan.

Arahan yang disampaikan Kapolres diantaranya agar anggotanya bersikap netral, tidak ada anggota yg terlibat secara langsung baik melakukan dukungan terhadap calon Kades meskipun calon tersebut kerabat atau keluarga.

Sedangkan kepada anggota Sat Reskrim dan Sat Intelkam, mereka harus waspadai terhadap kelompok-kelompok yang memanfaatkan situasi Pilkades sebagai ajang perjudian. Jika mengetahui tindakan tersebut, segera tangkap dan tidak ada penangguhan terhadap pelaku.

“Maksud dilaksanakan Apel Gelar Pasukan ini ialah untuk memberikan gambaran bahwa Polres Tuban benar-benar siap melaksanakan pengamanan Pilkades. Akan tetapi jangan lupa dengan menjaga diri sendiri selama pelaksanaan tugas,” ungkapnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut. Dandim 0811 Tuban, Ketua DPRD Tuban, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Tuban, Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Tuban, serta jajaran SKPD Pemkab Tuban. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author