Published On: Ming, Mei 26th, 2013

738 CJH Jalani Bimbingan Manasik Haji Massal

Share This
Tags

TUBAN

Bimbingan manasik haji

MABRUR : Para CJH saat mengikuti bimbingan manasik haji di Asrama Haji Tuban

seputartuban.com  –  738 Calon Jamaah Haji (CJH) Tahun 1434 H Kabupaten Tuban mengikuti bimbingan manasik haji massal di gedung asrama haji, Kab. Tuban, Sabtu (25/05/2013). Dalam pembinaan ini disampaikan sejumlah hal terkait cara keseharian saat di tanah suci.

Diantaranya kondisi cuaca di Makkah dan Madinah. Karena perbedaan suhu dapat membuat CJH sakit dan mengganggu ibadahnya. Selain itu juga, cara agar tidak terlepas dari CJH lain, hingga mengakibatkan tersesat. Informasi lain yang disampaikan adalah persiapan pemberangkatan dan perbekalan apa saja yang harus dibawa para CJH.

Kepala Kementrian Agama, Leksono saat memberikan arahan mengatakan, pentingnya bimbingan untuk CJH. Tujuannya agar dalam pelaksanaan ibadah di tanah suci bisa berjalan dengan baik. Sehingga dapat menjalankan ibadah dengan Khusyu’ dan semoga menjadi haji mabrur.

“Apabila disana, tidak usah terpengaruh dengan orang dari negara lain. Karena mereka banyak yang tidak menggunakan kaidah haji. Yang utama kita selalu berpedoman dengan cara haji kita saja, ” ungkapnya.

Diketahui, saat ini biaya pemberangkatan CJH senilai 3.619 US Dolar, atau setara sekitar Rp. 35 Juta. Dan biaya pemberangkatan dan pemulangan menuju embarkasi Surabaya sudah dibantu Pemkab Tuban. Dengan biaya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2013 sebesar Rp. 300 juta. Yang kegunaanya akan dibagi dalam beberapa pos anggaran. Diantaranya keamanan, transportasi pemberangkatan dan pemulangan CJH. (han)

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author