Published On: Jum, Nov 13th, 2015

60 TKI Illegal Asal Tuban Dipulangkan

Share This
Tags

TUBAN

ilustrasi - mobile.seruu

ilustrasi – mobile.seruu

seputartuban.com – 60 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) illegal asal Kabupapaten Tuban dipulangkan paksa, mereka dipulangkan dari Malaysia setelah tertangkap tangan tidak meliki kelengkapan dokumen imigrasi.

Kasi Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Bidang Pelatihan dan Penempatan Kerja, Dinsosnaker Tuban,  Harsono Tri Asworo mengatakan bahwa TKI bermasalah karena tidak memiliki kelengkapan dokumen tenaga kerja.

“Mereka dipulangkan tidak memiliki paspor yang tidak sesuai, paspor yang sudah dalam kondisi mati. Serta beberapa diantaranya yang pemberangkatanya melewati jalur ilegal,” katanya Kamis, (12/11/2015) siang.

Sebagian besar TKI yang dipulangkan tersebut bekerja sebagai buruh bangunan, pekerja serabutan, pembantu rumah tangga. Yang masa kerjanya sudah habis namun tetap tinggal dan bekerja di Malaysia.

Mereka sebagian menggunakan parpor kunjungan wisata. Bukan terdaftar sebagai tenaga kerja. Sehingga dipulangkan secara bertahap sejak Januari hingga Oktober 2015 melalui Tanjung pinang dan Batam.

“Saat ini mereka seluruhnya yang berasal dari Kabupaten Tuban sudah berada dikediamanya masing-masing, hal  itu sempat membingungkan kami karena mereka setibanya dikampung halaman tidak melaporkan kedatanganya kepada kami. Padahal sebelumnya mereka sudah diwanti-wanti oleh Dinsos Provinsi,” pungkasnya. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author