Published On: Sab, Des 7th, 2013

551 Personil Gabungan Siaga Haul Sunan Bonang

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Sebanyak 551 personil gabungan lintas sektor diterjunkan dalam mengamankan jalannya Haul Sunan Bonang, pada Kamis (05/12/2013) malam. Petugas gabungan kemanan dan medis serta fungsi lainya untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Haul Sunan Bonang

DIJAGA : Kondisi lalu lintas jalur pantura disisi utara alun-alun Tuban kawasan Haul Sunan Bonang

Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Tuban, Kompol Suhartono saat dikonfirmasi Jum’at (06/12/2013), menjelaskan 551 personil dari berbagai institusi. Terdiri dari 371 anggota kepolisian, 100 anggota TNI dari Kodim 0811, 60 Banser. 40 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemkab Tuban, 20 Dinas Perhubungan (Dishub), 9 Dinas Kesehatan (Dinkes), 6 personil PMK dan 5 Polisi Militer.

Untuk kepolisian, ditugaskan dalam pengaturan Lalu Linta (lantas). Dikarenakan, lokasi keramaian berada di sisi jalan Pantura atau di sebelah uatara Alun-Alun Tuban. Adapun untuk anggota kepolisian yang lain, disebarkan dibeberapa pos penjagaan lainnya. Mulai di dalam lokasi pengajian, di lapak pedagang kaki lima, sampai di beberapa titik rawan. Tujuannya, mengantisipasi adanya tindak kejahatan.

Sedangkan untuk anggota, Satpol PP, Banser, Dishub ditugaskan untuk menjaga lokasi pengajian dan beberapa pos pengaduan. Untuk petugas Dinkes, PMK dan PM disiagakan di pos sendiri untuk antisipasi adanya keadaan darurat. “Kita sudah koordinasi dengan seluruh anggota. Pembagian tugas di masing-masing pos, ” ujarnya.

Dalam antisipasi kemacetan, pihaknya sudah memberlakukan jalur searah di Jl. Panglima Sudirman untuk kendaraan roda 4. Dilakukan agar jalur lancar dan kendaraan besar bisa tetap melintas tanpa gangguan.

“Memang ini tupoksi lantas, tapi tetap kita koordinatori. Banyak pejalan kaki yang memenuhi sisi badan jalan. Jadi yang dari kendaraan dari arah timur ke barat melintas Pangsud (JL. Panglima Sudirman) kita alihkan masuk dalam kota. Kalau kriminal tanya ke kasat saja, ” katanya.

Terkait pelaku kejahatan, Kasat Reskrim Polres Tuban, AKP Wahyu Hidayat saat dikonfirmasi ditempat berbeda mengatakan bahwa selama acara berlangsung hanya 1 pelaku tindak kejahatan berhasil di tangkap. “1 jambret saja yang kita tangkap, besok kira press release,” ungkapnya. (han)

Facebook Comments

About the Author