Published On: Jum, Apr 10th, 2015

5 Raperda Nasib Desa Prioritas Pembahasan Dewan

TUBAN

KEBUT PEMBAHASAN : Bupati Tuban, Fathul Huda saat menyampaikan nota penjelasan 10 Raperda yang diajukan ke DPRD TUban

KEBUT PEMBAHASAN : Bupati Tuban, Fathul Huda saat menyampaikan nota penjelasan 10 Raperda yang diajukan ke DPRD TUban

seputartuban.com – Pemerintah Kabupaten Tuban, Kamis (09/04/2015) mengajukan 10 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) kepada DPRD Kab. Tuban. Melalui nota penjelasan yang disampaikan Bupati Tuban, Fathul Huda dalam rapat, 5 diantaranya terkait dengan pengaturan pemerintah desa.

Raperda tentang Kepala Desa, Raperda tentang Tata Cara Pencalonan, Pemilihan dan Pelantikan Kepala Desa, Perda Tentang Pembentukan Peraturan Desa, Perda tentang Pedoman Pembangunan Desa. Serta Perda tentang Bagian Desa Dari Hasil Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan.

“Kedepan Kepala Desa mempunyai peran yang sangat penting dalam kedudukannya sebagai kepanjangan tangan Negara. Sehingga perlu disiapkan dasar hukumnya,” kata Bupati Tuban dalam sambutanya.

Dalam surat tertanggal 23 Maret 2015 nomor 188.342/1200/414.012/2015. 5 Raperda lain juga diajukan eksekutif untuk dibahas DPRD Tuban untuk menjalankan fungsi legislasi.

Yakni Raperda tentang Pengelolaan Sampah, Raperda tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Lain di Kabupaten Tuban. Raperda tentang Pengelolaan Tempat Pelelangan Ikan, Raperda tentang Perusahaan Daerah Air Minum dan Raperda tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan.

Ketua DPRD Tuban, M. Miyadi mengatakan pembahasan usulan Rapeda ini ini melalui 4 panitia khusus (Pansus). Diperkirakan membutuhkan waktu 1,5 bulan untuk dibahas. “Hari ini kita langsung membentuk Panitia Khusus (Pansus) untuk membahas 10 Raperda itu,” jelasnya.

5 Raperda yang berkaitan langsung dengan desa menjadi prioritas pembahasan. Karena sudah sangat dibutuhkan pemerintah desa. “Kita berharap peran aktif dari pemerintah daerah dalam pembahasan Raperda ini,” harap Miyadi.

Diketahui, Pansus 1 akan membahan Raperda tentang Kepala Desa, Tata Cara Pencalonan, Pemilihan dan Pelantikan Kades, Pembentukan Peraturan Desa.

Pansus 2 membahas Raperda tentang Pengelolaan Tempat Pelelangan Ikan, Perusahaan Daerah Air Minum, dan Bagian Desa dari Hasil Penerimaan PBB. Pansus 3 membahas Raperda tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan, dan Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Lain. Sedangkan Pansus 4 membahas Raperda tentang Pedoman Pembangunan Desa dan Pengelolaan Sampah. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author