Published On: Kam, Jun 16th, 2016

48 CJH Belum Melunasi BPIH

TUBAN

seputartuban.com – Masa pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) bagi jemaah haji reguler sudah ditutup per 10 juni lalu. Namun hingga kini masih ada 48 Calon Jamaah Haji (CJH) yang belum melunasi BPIH tersebut.

Kasi Haji dan Umroh Kantor Kemenag Tuban, Abdul Ghofar

Kasi Haji dan Umroh Kantor Kemenag Tuban, Abdul Ghofar

Kasi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban, Abdul Ghofar, mengatakan CJH yang telah melunasi BPIH sebanyak 689 jamaah haji atau 93 persen dari total CJH yang sebanyak 737 orang.

Dia menjelaskan, yang menjadi penyebab lambannya pelunasan BPIH karena banyak ketidak tahuan dari CJH terkait jadwal pelunasannya. “Bahkan ada yang tidak tahu jadwal pelunasannya,” kata Ghofar, Selasa (14/6/2016).

Walaupun masih ada CJH yang belum melunasi BPIH, Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah masih membuka pelunasan BPIH Reguler tahap II pada 20 – 30 Juni mendatang. Dijelaskan sebenarnya jadwal pelunasan BPIH sudah dimulai pada 19 Mei lalu. Pelunasan BPIH tersebut sebagai salah satu syarat pemberangkatan jamaah Haji 2016.

Diketahui, BPIH tahun ini ditetapkan Rp 34,6 Juta. Setelah para CJH selesai melunasi BPIH, seluruh jamaah haji akan mengikuti manasik haji. Terkait waktu keberangkatan masih menunggu petunjuk dari pusat. Sedangkan sebanyak 737 CJH tersebut merupakan jumlah sementara, sehingga memungkinkan bertambah. Namun terkait penambahan merupakan kewenangan pusat. “Penambahan dapat diisi oleh pendaftar haji yang berada di daftar tunggu,” pungkasnya. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author