Published On: Rab, Des 21st, 2016

418 Peserta Ramaikan AKSIOMA MI Tuban

seputartuban.com, TUBAN –  Sebanyak 418 siswa tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) mengikuti Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (AKSIOMA) se Kabupaten Tuban. Dalam ajang kompetisi itu ada sebanyak 9 cabang perlombaan yang dipertandingan.

MERIAH : Suasana pembukaan AKSIOMA MI oleh Plt Kepala Kemenag Tuban, Badrus Sholeh

Sembilan cabang perlombaan itu diantaranya bidang seni yaitu MTQ, kaligrafi, puisi, tahfidz dan pidato 3 bahasa. Sedangkan bidang olahraga yaitu lari sprint 60 meter, catur, bulu tangkis dan tenis meja.

Setiap cabang perlombaan akan diambil juara 1, 2 dan 3 dan akan mendapatkan piala. Sedangkan juara 1 akan mengikuti AKSIOMA tingkat provinsi yang rencananya dilaksanakan pada Pebruari mendatang di Kediri.

Dari 418 peserta yang berasal dari 20 kecamatan tersebut terdiri dari sebanyak 152 peserta ikuti cabang seni, sedangkan sebanyak 266 peserta mengikuti kompetisi cabang olahraga. Kompetisi akan dilaksanakan selama sehari untuk AKSIOMA, dilanjutkan KSM (Kompetisi Sains Madrasah) dan parade drumband.

SEMANGAT JUANG : Para kontingen kecamatan dalam acara pembukaan

Ketua Panitia AKSIOMA, Afiyah mengatakan bahwa kegiatan itu dilakukan secara rutin setiap 2 tahun sekali dan saat ini sudah yang ke-enam kalinya. Kegiatan itu dilaksanakan dengan harapan dapat menumbuh kembangkan budaya kompetitif yang sehat dikalangan siswa MI.

Selain itu untuk meningkatkan wawasan pengetahuan, kemampuan, kreatifitas dan kerja keras untuk menguasai ilmu pengetahuan dan agama. Meningkatkan motivasi belajar dan intelektual siswa, menumbuhkan ukhuwah islamiyah antar madarasah, meningkatkan motivasi untuk meningkatkan prestasi.

“Kegiatan ini rutin kita lakukan setiap 2 tahun sekali dan untuk memberikan wadah kepada siswa dan berkreasi dan mengembangkan bakatnya,” kata Ketua Panitia, Afiyah usai acara pembukaan di MIN Sugiharjo, Tuban, Senin (19/12/2016).

Diharapkan dengan kegiatan itu dapat tercipta suasana kompetisi yang sehat antar siswa, peningkatan mutu pendidikan. Serta terciptanya Kesadaran siswa dan guru terhadap pentingnya inovasi dan kreativitas dalam belajar. “Kita harus junjung sportivitas guna melatih siswa siswi kita lebih baik dan kreatif,” harap nya.

Sementara itu, Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Badrus Sholeh saat membuka acara AKSIOMA mengatakan bahwa kegiatan itu sebagai ajang untuk peningkatan mutu dan kualitas pendidikan agama. Serta diharapkan kegiatan itu bisa berjalan dengan lancar. “Mudah-mudahan dengan dukungan semua wali murid dapat meningkatkan kualitas para siswa,” katanya.

Serta diharapkan AKSIOMA dapat dilaksanakan dengan penuh sportifitas. Selain itu diharapkan bagi yang berprestasi atau menang tidak menyombongkan diri sedangkan yang kalah harus selalu semangat untuk belajar. “Yang ada disini semuanya saya anggap sudah berprestasi, dan semua madrasah saya yakin memiliki kelebihan dan berprestasi,” pungkasnya.

Pembukaan acara AKSIOMA yang ke-6 itu ditandai dengan pelepasan balon oleh Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Badrus Sholeh. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author