Published On: Jum, Mei 30th, 2014

400 Polisi Tuban Siap Amankan Pilpres 2014

TUBAN

pemilu_2014_cseputartuban.com- Tak kurang dari 400 anggota Polres Tuban melakukan simulasi pengamanan Pilpres di halaman belakang Mapolres setempat, Jum’at (30/5/2014) pagi.

Aksi unjuk kebolehan dipertontonkan oleh anggota di depan Kapolres Tuban, AKBP Ucu Kuspriyadi. Terlihat beberapa pos penting seperti kantor KPUD, kantor kecamatan, tempat pemungutan suara (TPS) dipersiapkan. Pengamanan dimulai dari distribusi logistik dari kantor KPUD Tuban. Terlihat anggota dengan mengendarai mobil dinas sedang mengawal logistik hingga ke kecamatan.

ATISIPSI RUSUH: Tak kurang dari 400 anggota Polres Tuban melakukan simulasi pengamanan Pilpres di halaman belakang Mapolres setempat, Jum'at (30/5/2014) pagi.

ATISIPSI RUSUH: Tak kurang dari 400 anggota Polres Tuban melakukan simulasi pengamanan Pilpres di halaman belakang Mapolres setempat, Jum’at (30/5/2014) pagi.

Setelah logistik pemilu terdistribusi ke setiap kantor kecamatan, anggota polisi tampak menerima kotak logistik untuk diamankan. Menjelang pencoblosan, pengaman distribudi oleh tim PPK ke setiap TPS juga kembali dilaksanakan. Hal ini untuk mengantisipasi kerawanan adanya gangguan orang tidak dikenal (OTK) yang berusah menggagalkan distribusi.

Kesigapan dan koordinasi yang baik, sehingga segala bentuk ancaman dengan mudah diatasi. Nampak saat adanya OTK sedang menghalau petugas Hansip yang sedang mengambil kotak suara dari kantor kecamatan, dengan cepat dan mudah petugas mengamankannya.

Tidak hanya itu, aksi beladiri petugas polisi juga dibuktikan saat simulasi pengamanan di TPS. Sebagian warga yang mabuk dengan maksud berbuat onar dalam TPS langsung diamankan dengan ditarik keluar ruangan. Terlihat ancaman dan pukulan warga yang mabuk langsung diborgol dan dibawa kendaraan anti huru hara.

Pengamanan ini tidak hanya berhenti sampai itu saja. Dilakukan sampai usai perhitungan, dan hasil perhitungan kembali diserahkan ke kantor KPUD. Sedangkan untuk distribusi logistik juga tetap menjadi acuan pengamanan sampai proses Pilpres 2014 ini selesai.

Kapolres Tuban, AKBP Ucu Kuspriyadi, menjelaskan bahwa kegiatan ini sangat penting. Sebagai langkah awal diketahui proses pendisribusian logistik, cara penanganan masalah, sampai penyelesaiannya. Kerawanan dianggap menjadi permasalahan utama yang harus diatasi. Sehingga saat pelaksanaan tiba, bisa berjalan lancar, baik dan sesuai prosedur.

“Pembelajaran bagi kita agar tepat, sigap, cepat dan benar. Kita berharap tidak ada kendala, namun harus tetap disiagakan. 600 anggota lebih kita siagakan untuk acara ini, ” Ungkap Ucu. HANAFI

Facebook Comments

About the Author