Published On: Kam, Jun 21st, 2012

40 Persen Dana CSR PT SG Untuk 1.908 Beasiswa Pendidikan

Share This
Tags

Penulis : Hanafi

MERAKURAK

seputartuban.com – Sebagai bentuk kepedulian dari PT Semen Gresik terhadap dunia pendidikan, sedikitnya 1.908 siswa di wilayah Kabupaten Gresik dan Kabupaten Tuban, rabu (20/06/2012) menerima bantuan perlengkapan sekolah dan beasiswa Program Peduli Pendidikan dari PT Semen Gresik. Penyerahan bantuan dan beasiswa berlangsung di Gedung Graha Sandiya Komplek Perumdin SG Tuban, yang juga disemarakkan oleh artis band ibukota Zigas.

Serah terima bantuan beasiswa ini, diberikan langsung oleh sejumlah jajaran manajemen PT Semen Gresik dan juga Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Husein. Beasiswa dan perlengkapan sekolah diberikan kepada siswa mulai tingkat SD hingga SLTA, serta ditambah siswa dari lembaga bimbingan belajar di Kabupaten Tuban dan Gresik, dengan besaran bantuan masing masing sebesar Rp. 300.000,- hingga Rp. 550.000,- per-siswa.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, dalam rangka  menyambut HUT Semen Gresik ke-55 pada 7 Agustus 2012 dan HUT RI ke 67, serta sebagai bentuk kepedulian terhadap dunia pendidikan, PT Semen Gresik mempersembahkan “Semen Gresik Peduli Pendidikan”, dan memberikan bantuan beasiswa kepada 1.908 siswa di wilayah Kabupaten Gresik dan Kabupaten Tuban yang dipusatkan di Gedung Graha Sandiya, Desa Bogorejo, Kec. Merakurak, Tuban.

Hal ini sejalan dengan misi PT Semen Gresik yang menyatakan bahwa Semen Gresik memiliki komitmen terhadap dunia pendidikan yang ada di Kabupaten Gresik dan Tuban.

Komitmen dari misi tersebut, selanjutnya direalisasikan melalui langkah-langkah strategis, salah satunya adalah pemberian bantuan pada dunia pendidikan, guna meningkatkan mutu sumber daya manusia daerah.

Beasiswa perlengkapan sekolah diberikan kepada siswa mulai dari tingkat SD, MI, SMP, MTS, SMA, MA, SMK serta siswa di Lembaga Bimbingan Belajar di Kabupaten Gresik dan Kabupaten Tuban.

Sedangkan jumlah siswa yang mendapat beasiswa perlengkapan sekolah dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan, ditahun 2012 ini sebanyak 227 siswa untuk sekolah di wilayah Kabupaten Tuban dan 124 siswa sekolah di Kabupaten Gresik.

Program Semen Gresik peduli pendidikan ini diperuntukkan bagi siswa dari keluarga prasejahtera, yang berprestasi berdasarkan data dari sekolah masing masing. Dalam hal ini PT Semen Gresik melibatkan kepala sekolah setempat agar penyerahan tepat sasaran. Tujuan  program ini juga untuk meningkatkan kualitas dan memberikan motivasi bagi siswa, sehingga muncul siswa-siswa berprestasi, yang dapat menjadi kebanggaan daerah ataupun nasional.

Bantuan beasiswa di Kabupaten Tuban yang ada di 5 Kecamatan yaitu Kecamatan Kota Tuban, Merakurak, Kerek, Jenu dan Tambakboyo jumlah siswa yang menerima beasiswa sebanyak 1.218 siwa yang tersebar di Sekolah Dasar (SD)/ MI sebanyak 155 sekolah dengan jumlah siswa 930 siswa, setiap siswa mendapay Rp.350.000.

Untuk beasiswa yang tersebar bagi SMP/ MTs sebanyak 42 sekolah dengan jumlah siswa yang menerima beasiswa sebanyak 168 siswa, per-siswa mendapat Rp.450.000, sedangkan untuk sekolah SMA/ MA sebanyak 30 sekolah dengan jumlah siswa yang menerima beasiswa sebanyak 120 siswa, per-siswa mendapat Rp.500.000.

Tidak hanya di Kabupaten Tuban yang menerima beasiswa, namun Kabupaten Gresik juga memperoleh bantuan beasiswa, diantaranya adalah untuk SD/ MI sebanyak 87 sekolah dengan jumlah siswa sebanyak 435 siswa, per-siswa memperoleh beasiswa sebesar Rp. 450.000.

Sedangkan untuk SMP/ MTs sebanyak 21 sekolah yang menerima bantuan beasiswa dengan jumlah siswa sebanyak 105 siswa, per-siswa mendapatkan Rp.500.000. Tidak ketinggalan untuk sekolah SMA/ MA, sebanyak 16 sekolah memperoleh bantuan beasiswa dengan siswa sebanyak 96, sedangak setiap siswa mendapatkan Rp.550.000.

Bantuan Program Bimbingan Belajar yang diberikan oleh PT Semen Gresik yang diperuntukkan untuk siswa SD, SMP dan SMA sederajatnya di Kabupaten Tuban dan Kabupaten Gresik untuk tahun 2012 sebesar Total Rp. 1.797.150.000.

Direktur Produksi PT Semen Gresik Ir. Suparni mengatakan, beasiswa yang diberikan kepada hampir dua ribu siswa mulai dari tingkat SD hingga SLTA ini, merupakan kegiatan rutin yang diadakan tiap tahun, sebagai bentuk kepedulian PT Semen Gresik kepada pendidikan, dengan total beasiswa sebanyak 18 miyard rupiah.

“ini merupakan kegiatan rutin tiap tahun, sebagai bentuk kepedulian kami terhadap dunia pendidikan di Kabupaten Tuban dan Gresik, untuk bantuan beasiswa ini pihak kami hampir mengeluarkan dana sebesar 1,8 Milyard, jumlah ini 40% dari CSR,” katanya.

Sementara itu Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein yang juga turut hadir dan menyerahkan beasiswa kepada para siswa, dalam sambutannya mengatakan, bahwa maraknya aksi demo yang ditujukan kepada PT Semen Gresik akhir-akhir ini, bahkan hingga berujung gugat-menggugat di pengadilan, merupakan bentuk demokratisasi dan pendewasaan warga sekitar pabrik, terhadap keberadaan PT Semen Gresik di Tuban.

“saya rasa itu baik saja, dari persidangan gugatan tersebut, pada intinya nanti akan teridentifikasi siapa yang salah dan siapa yang benar,” ucapnya saat sambutan.

Penyerahan beasiswa yang berlangsung di Gedung Graha Sandiya, Tuban ini, juga disemarakkan oleh band ibukota yaitu Zigas, yang tampil menghibur ribuan pelajar diakhir acara penyerahan beasiswa pendidikan ini.

Foto : Wakil Bupati Tuban saat menyampaikan beasiswa dari PT Semen Gresik

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Displaying 2 Comments
Have Your Say
  1. Wono berkata:

    Warga menggugat itu kemungkinan karena sangat-sangat jengkel, Lha limbah saja di ambil warga di tangkap tapi warga mau membeli tidak dipersulit. saya setuju kalau warga ring 1 semen gresik melawan sepanjang tidak bertentangan dengan aturan yang berlaku dan tidak mengganggu ketertiban umum.

  2. Damar berkata:

    Sekali-kali media itu harus memuat berapa hetar tanah yang sudah di RUSAK PTSG & Berapa TANAH WARGA yang dipakai PTSG yang hingga sekarang belum jelas statusnya dibeli atau disewa.

    Soal memberi bantuan ke Murid SD/SMP & SMA sudah wajar karena DANA CSR jumlahnya Puluhan MILYARD.

Berita Terkini

Videos