Published On: Kam, Mar 13th, 2014

4 Aliansi Mahasiswa Protes Ketidak Adilan Pemerintah

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Sebanyak 25 mahasiswa yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Tuban (FMT) menggelar aksi unjuk rasa, Rabu (12/3/2014). memulai aksinya dengan jalan kaki dari kawasan Jalan Manunggal hingga ke Kantor Pemkab Tuban. Hal ini membuat personil Polisi yang mengamankan jalanya aksi juga mengikuti jalan kaki.

SAMA : Aktivis mahasiswa yang berunjuk rasa tetap dikawal Polisi dengan mengikuti jalan kaki

SAMA : Aktivis mahasiswa yang berunjuk rasa tetap dikawal Polisi dengan mengikuti jalan kaki

Aktivis gabungan dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) dan Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMD), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Tuban melakukan aksi ini jelang kedatangan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono ke Kabupaten Tuban.

Mengawali aksinya, FMT jalan kaki dari jalan Manunggal, sampai di pertigaan jalan makam pahlawan mereka kemudian melakukan orasi.  Aksi dilanjutkan ke Kantor Pemkab Tuban dengan jalan kaki dan mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian.

Para mahasiswa menuntut supaya pemerintah melaksanakan 4 hal,yakni melaksanakan Pasal 33 UUD 1945 yang asli, sebelum dilakukan amandemen, tuntaskan kasus korupsi di Indonesia, selesaikan konflik agraria di Indonesia, dan tolak Undang-Undang BPJS dan SJSN.

Kordinator aksi Fatkhur Rohman saat diwawancarai mengatakan, para mahasiswa berharap agar ditegakkan supremasi hukum dan penegakan Undang-Undang yang ada. Mereka menganggap kebijakan pemerintah belum mengenai sasaran, terutama kasus agraria saat ini yang sering terjadi di Indonesia.

“Kita berharap pemerintah mau mendengarkan aspirasi kita, karena banyak rakyat kecil yang diberlakukan tidak adil, karena banyak masyarakat miskin yang masih kesulitan untuk berobat dan masih harus mengeluarkan biaya,” kata Fathur, aktivis PMII ini.

Saat di Kantor Pemerintah Kabupaten Tuban, para pengunjuk rasa ditemui oleh Asisten Pemerintahan Setda Tuban, Achmad Amin Sutoyo, dan para mahasiswa menyampaikan semua aspirasinya.  Berharap Pemkab Tuban menyampaikanya kepada pemerintah pusat. “Aspirasi ini kita akan tampung dan akan kita sampaikan kepada ke pimpinan. Sebab yang mempunyai kebijakan adalah pimpinan, kita berharap semua mahasiswa memahami itu,” jawab Amin kepada para mahasiswa.

Setelah pertemuan ini, mahasiswa meninggalkan kantor pemkab Tuban dengan mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian. (lis)

Facebook Comments

About the Author