Published On: Sel, Agu 27th, 2013

4.899 Surat Suara Pemilukada Jatim Rusak

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tuban (KPUK) menemukan sebanyak 4.899 surat suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur dalam kondisi rusak.

surat suara rusak

DIGANTI : Inilah surat suara yang rusak

Divisi Anggaran dan Logistik KPUD Tuban, Heru Prapto saat ditemui dikantornya, Selasa (27/08/2013) mengatakan, penemuan ini berdasarkan hasil pemeriksaan dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Yang sebelumnya sudah menerima kiriman logistik surat suara.

Ada beberapa PPK yang menemukan surat suara rusak, diantaranya PPK Tuban ada 1.241 surat suara. PPK Singgahan 6 surat suara, PPK Bangilan ada 127 surat suara dan PPK Bancar 2 surat suara.

Kerusakan surat suara juga terjadi di PPK Palang sebanyak 1.778, PPK Widang 1.623 surat suara. Sedangkan PPK Jenu sebanyak 72 suara, PPK Kerek 1 surat suara, PPK Kenduruan sebanyak 49 surat suara.

Kerusakan ini beragam, mulai sobek, terpotong hingga mengenai bingkai foto pasangan calon, berlubang, terdapat titik pada gambar salah satu pasangan calon, gambar calon tertutup luberan tinta. “Kita laporkan ke KPU Propinsi dan sudah ada petugas dari kita yang mengambil gantinya. Setelah datang,  langsung akan kita distribusikan,” jelasnya.

Selain surat suara rusak,  juga terdapat kekurangan jumlah yakni  PPK Semanding kurang 23 surat suara. PPK Plumpang kurang 57 surat suara. PPK  Rengel kurang 125 surat suara. PPK Senori kurang 333 surat suara. PPK Bangilan kurang 84 surat suara dan PPK Tambakboyo kurang 40 surat suara. “Kekurangannya juga sudah kita laporkan juga, untuk Kabupaten Tuban total masih kurang 662 surat suara,” tambahnya.

Diketahui, untuk surat suara yang diterima oleh KPUD Tuban sebanyak 929.378. Sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah 2,5 persen, yaitu sebanyak 23.234 surat suara. Jadi total surat suara yang diterima oleh KPUD Tuban sebanyak 952.612 lembar. (lis)

Facebook Comments

About the Author