Published On: Rab, Jul 13th, 2016

36 Desa Pilkades Serentak Desember Mendatang

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Sebanyak 36 desa di 16 kecamatan akan mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Rencananya akan dilaksanakan pada awal Desember 2016.

pilkadesKepala Bapemas, Pemdes dan KB Kabupaten Tuban, Mahmudi mengatakan bahwa minggu depan akan melakukan sosialisasi pelaksanaan Pilkades terhadap desa yang saat ini kosong. Sosialisasi itu rencananya akan dilaksanakan 18 sampai 22 Juli 2016 bertempat di Gedung Korpri Tuban.

“Kita akan undang Camat, Kasi Pemerintahan, Pj Kades, Perangkat desa dan BPD serta lembaga untuk diberikan sosialisasi terkait pelaksanaan Pilkades serentak tersebut,” kata Mahmudi, Senin (11/7/2016).

Mahmudi menambahkan usai diberikan sosialisasi mereka harus segera membentuk panitia Pilkades di desanya masing-masing. Sehingga awal Desember sudah bisa dilaksanakan Pilkades secara serempak di 36 desa tersebut.

Sementara itu, untuk menunjang pelaksanaan Pilkades tersebut Pemkab menyediakan anggaran sebesar Rp 1,2 miliar. Dana tersebut akan diberikan kepada masing-masing desa sebesar Rp. 10 juta dan maksimal Rp 7.500 tiap suara disetiap desa. “Nanti untuk bantuan dana Pilkades itu akan kita cantumkan dalam Perbup yang saat ini sedang disusun,” jelasnya.

Dari 36 desa di 16 kecamatan yang akan mengikuti Pilkades itu disebabkan karena ada yang masa jabatannya selesai, diberhentikan karena terjerat kasus hukum dan ada yang meninggal dunia. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author