Published On: Sen, Jun 16th, 2014

350 Anggota Saka Wirakartika Kemah Di Makodim Tuban

Share This
Tags

TUBAN

BELA NEGARA : Dandim 0811 Tuban, Letkol Kav. Rahyanto Edy Yunianto saat menyematkan topi secara simbolis kepada anggota pramuka Saka Wirakartika di halaman Makodim Tuban

BELA NEGARA : Dandim 0811 Tuban, Letkol Kav. Rahyanto Edy Yunianto saat menyematkan topi secara simbolis kepada anggota pramuka Saka Wirakartika di halaman Makodim Tuban

seputartuban.com – 350 anggota Pramuka Saka Wirakartika se-Kabupaten Tuban mengikuti perkemahan di Makodim 0811, Tuban, Sabtu (14/6/2014) hingga Minggu (15/6/2014).

Dalam upacara pembukaan, Sabtu (14/6/2014) Komandan Distrik Militer (Dandim) 0811/Tuban, Letnan Kolonel Kavaleri (Letkol. Kav) Rahyanto Edy Yunianto dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk menyalurkan minat dan bakat siswa. Serta peningkatan karakter dan mental para generasi penerus bangsa.

Setiap anggota pramuka binaan jajaran Kodim 0811 Tuban ini mendapatkan pembelajaran watak, disiplin, jiwa patriotik. Seperti yang tertuang dalam Dasa Darma Pramuka. Pemuda sebagai generasi penerus bangsa, harus memiliki jiwa bela negara yang baik.

“Memberikan motivasi produktif kepada generus bangsa, pramuka itu salah satunya. Kelak bisa memberikan pengaruh dimasyarakat secara luas, selain berguna bagi dirinya sendiri. ” Kata Dandim.

Selain menanamkan nilai-nilai dalam Pramuka, siswa juga diajarkan budaya kerjasama dan bela negara sesuai tugas siswa. Pramuka juga sebagai motivasi bagi siswa tetap semangat meraih prestasi. “Ini kegiatan sangat positif. Banyak ilmu yang bisa diraih di dalamnya. Tidak hanya untuk diri pribadi, melainkan bagaimana cara kerjasama dan mandiri, ” ungkapnya.

Sementara itu, Widia Kumalasari (18), warga Kelurahan Mondokan, Tuban salah satu peserta kemah mengungkapkan dirinya bangga bisa mengikuti kegiatan ini. “Kegiatan padat, menuntut untuk disiplin. Ilmu banyak yang diperoleh, yang tidak diperoleh di sekolah. Rasa percaya diri dan kerjasama untuk terus berbagi. Kita antri itu banyak filosofinya, apalagi ini perkemahan jelas sangat bermanfaat. Baru tahun ini saya ikut, ” ucap siswi kelas XI, SMA N 1 Tuban itu. HANAFI

Facebook Comments

About the Author