Published On: Sen, Des 9th, 2013

300 Rumah Diterjang Banjir Bandang Setinggi 1 Meter

Share This
Tags

MERAKURAK

seputartuban.com – Akibat hujan lebat yang mengguyur kawasan Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, sejak Senin (09/12/2013) sore hingga petang mengakibatkan banjir bandang. Sebanyak 300 rumah di 6 RT Desa Tuwiri Wetan, Kecamatan Merakurak, porak poranda diterjan air bah tersebut.

PORAK PORANDA : Kondisi Balai Desa Tuwiri Wetan usai diterjang banjir

PORAK PORANDA : Kondisi Balai Desa Tuwiri Wetan usai diterjang banjir

Hasil pantauan seputartuban.com, dilokasi banjir menyebutkan rumah warga porak-poranda saat banjir melanda mulai sekitar pukul 15.00 WIB. Sekitar pukul 17.00 WIB debit sungai desa setempat mulai naik. Hingga puncaknya sekitar pukul 17.30 WIB meluber ke pemukiman warga.

Akibatnya perabot rumah porak-poranda. Diantaranya di Balai Desa, 300 kursi terbawa arus air. Selain itu banjir meninggalkan lumpur dan kotoran. Hal ini membuat masyarakat harus kerja ekstra untuk membersihkanya.

PORAK PORANDA : Kondisi Balai Desa Tuwiri Wetan usai diterjang banjir

PORAK PORANDA : Kondisi Balai Desa Tuwiri Wetan usai diterjang banjir

Salah satu warga, Suroso (50), saat melihat hujan semakin lebat, dia sudah siap-siap mengamankan perabot rumahnya yang berada dilantai. Karena sudah diperkirakan jika curah hujan sangat tinggi hampir dapat dipastikan akan datang banjir. “tadi saya sudah siap-siap dulu, ternyata benar-benar banjir,” tuturnya.

Kepala Desa Tuwiri Wetan, Setyobudi saat dikonfirmasi mengatakan desanya menjadi langganan banjir tiap musim hujan. “kalau musim hujan pasti jadi langganan banjir. Selama musim hujan ini ya baru kali ini sampai 1 meter banjirnya. Besok kita lakukan kerja bakti di Balai Desa,” ungkapnya.

Selain merendam rumah warga, banjir ini juga sempat membuat jalan raya Kecamatan Merakurak menuju Kecamatan Kerek lumpuh total. Karena arus air melintas jalan raya, selain kondisinya dalam, juga arusnya sangat kuat. Sehingga sangat membahayakan bagi pengguna jalan.  Hingga saat ini belum dapat dipastikan berapa jumlah kerugian akibat banjir ini. (jib)

Facebook Comments

About the Author