Published On: Sel, Nov 10th, 2015

30 Warga Tuban Bedol Desa Ke Kalimantan Utara

TUBAN

TRANSMIGRASI: Sebanyak 30 warga dari tujuh KK diberi pembekalan terakhir oleh Dinsosnaker  Tuban sebelum diberangkatkan menuju Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara,  Senin  (09/11/2015) pagi.

TRANSMIGRASI: Sebanyak 30 warga dari tujuh KK diberi pembekalan terakhir oleh Dinsosnaker Tuban sebelum diberangkatkan menuju Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, Senin (09/11/2015) pagi.

seputartuban.com-Sebanyak 30 warga yang merupakan gabungan tujuh kepala kelaurga (KK) dari berbagai desa di Kabupaten Tuban, bertolak menuju Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, Senin (09/11/2015) pagi.

Para transmigran tersebut akan memulai hidup baru di tanah kelahiran “kedua” sebagai petani, setelah sebelumnya selama enam bulan disiapkan dengan matang oleh Dinas Sosial dan Ketenagakerjaan (Dinsosnaker) Kabupaten Tuban.

“Di tempat yang baru seluruh transmigran sudah disediakan lahan pemukiman dan pertanian,” ujar Kepala Dinsosnaker Tuban, Nurjanah, di sela detik-detik pemberangkatan 30 transmigran yang dinyatakan lulus seleksi tersebut.

Dia menjelaskan, sebelum diberangkatkan menuju Kalimantan Utara menggunakan kapal laut dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Kamis (12/11/2015), ke-30 transmigran ini lebih dulu dikarantina di Dinsos Jawa Timur guna menerima pembekalan dan pemantapan terakhir.

“Sebelumnya para transmigran ini adalah keluarga kurang beruntung dan menggantungkan hidup sebagai buruh tani. Kita harapkan di tempat yang baru nanti mereka bisa meraih sukses,” kata Nurjanah.

Menurutnya, di tempat anyar nanti para transmigran masing-masing mendapatkan lahan seluas 2 hektar. Rinciannya, 750 meter pergi sebagai pemukiman dan sisanya berupa lahan pertanian produktif.

Selain itu, sambung Nurjanah, mereka juga dibekali uang saku Rp 2 juta per KK untuk menunjang biaya hidup beserta kebutuhan obat-obatan.

“Kami berharap fasilitas yang diterima benar-benar digunakan sebagaimana mestinya. Bukan dijual lantas mereka kembali lagi ke daerah asal. Jika terbukti demikian ada sanksi hukumnya,” tandasnya.  ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author