Published On: Rab, Sep 16th, 2015

3 Tahun, Seminggu Sekali Pelaku Curanmor Beraksi

TUBAN

SUHARYONO: Dalam minggu ini berkasnya kita limpahkan ke kejaksaan.

SUHARYONO: Curanmor paling banyak disebabkan karena adanya kesempatan.

seputartuban.com – Kejadian pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) di Kabupaten Tuban selama 2013 hingga Agustus 2015 sebanyak 146 kejadian. Jumlah itu belum termasuk kasus yang tidak dilaporkan ke Polisi.

Selama 2013 Polres Tuban dan jajaran menerima pelaporan Curanmor sebanyak 43 kasus. Pada 2014 sebanyak 43 kasus. Dan sejak Januari hingga Agustus 2015 sebanyak 30 perkara.

Total kejadian sebanyak 146 kejadian, atau rata-rata 4 perkara tiap bulan. Atau rata-rata tiap minggu 1 kejadian Curanmor.

Kasat Reskrim Polres Tuban AKP Suharyono mengatakan berdasarkan hasil analisa dan evaluasi  Curanmor terjadi akibat kelalaian korban. “Kelalaian pemilik mencabut kunci, memarkirkan kendaraan tidak mengunci ganda. Serta seringnya pemilik kendaraan yang memarkirkan kendaraanya ditempat yang tidak bisa terpantau langsung,” terangnya selasa (15/09/2015) siang.

Kelalaian korban inilah yang memicu tindakan Curanmor dari para pelaku. Karena mereka dapat beraksi dengan mudah. “Karena ada kesempatan pelaku akhirnya memiliki niat karena diperkirakan mudah dilakukan,” imbuhnya.

Masyarakat dihimbau agar selalu waspada dalam segala kondisi. Dirumah maupun saat bepergian khususnya di pusat keramaian. “Kami berharap agar warga lebih waspada ketika berada di pusat keramaian. Terutama dengan kawasan minim keamanan ketika memarkir kendaraan,” katanya.

Hasil catatan seputartuban.com, hingga saat ini sejumlah kejadian Curanmor yang belum tertangkap pelakunya terjadi di kawasan Kecamatan Soko dan Kecamatan Montong. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author