Published On: Rab, Des 2nd, 2015

3.145 Surat Suara Pemilukada Tuban Rusak

TUBAN

MEMILIH : Petugas PPK saat menyortir surat suara yang diterima dari KPU Kab. Tuban

MEMILIH : Petugas PPK saat menyortir surat suara yang diterima dari KPU Kab. Tuban

seputartuban.com – Setelah dilakukan penyortiran oleh 20 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) ditemukan 3.145 lembar surat suara rusak. Kerusakan pada hologram, depan surat suara, sobek. Dari jumlah yang diperlukan masing kekurangan 93 lembar.

Divisi Keuangan, Logistik dan Urusan Rumah Tangga KPU Kabupaten Tuban, Nur Hakim mengatakan kerusakan itu ditemukan setelah dilakukan penyortiran oleh PPK. “Surat suara yang rusak akan kita mintakan ganti kepada percetakan pemenang tender untuk segera mendapatkan gantinya,” kata Nur Hakim, Selasa (1/12/2015).

Surat suara yang diterima KPU Kab. Tuaban dari percetakan sudah dalam bentuk lipatan. Kemudian langsung dikirimkan ke PPK. Sehingga penyortiran dilakukan ditingkat kecamatan.

Dipastikan, pengganti surat suara yang rusak dan kekurangan akan diterima 2 hari mendatang. Sesuai kontrak tender, hal ini masih menjadi tanggung jawab rekanan. “Untuk saat ini semua logistik sudah kita distribusikan ke PPK dan yang tersisa kekurangan surat suara yang rusak dan kurang,” ujarnya.

Jumlah surat suara yang dipesan sebanyak 961.094 surat suara sudah termasuk tambahan 2,5 persen cadangan tiap TPS. Sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) 936.768 pemilih yang terdiri dari laki-laki sebanyak 462.139 pemilih dan perempuan sebanyak 472.629 pemilih. Mereka tersebar di 328 desa dan kelurahan dengan jumlah TPS sebanyak 1.863. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author