Published On: Sel, Nov 1st, 2016

266 Pelajar Ikuti Lomba Bahasa Inggris

MERAKURAK

seputartuban.com – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Semen Gresik yang ke-59 tahun menyelenggarakan lomba bahasa inggris. Yang diperuntukkan bagi siswa SMP/MTs dan SMA/SMK, Di Graha Sandiya Perumdin PT SI, Desa Sumurgung, Kecamatan Merakurak, Minggu (30/10/2016).

SEMANGAT : Peserta saat mengerjakan soal tes tulis lomba bahasa inggris

SEMANGAT : Peserta saat mengerjakan soal tes tulis lomba bahasa inggris

Sebanyak 266 pelajar yang mengikuti lomba itu, terdiri dari 78 pelajar tingkat SMP/MTs dan sebanyak 188 pelajar tingkat SMA/SMK. Pelaksanaan lomba itu kerjama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris SMK Tuban.

Ketua Panitia, Nalendra Permana, mengatakan bahwa lomba bahasa inggris itu untuk yang pertama diselenggarakan oleh PT Semen Indonesia. Dengan tujuan untuk memberikan motivasi terhadap para pelajar agar lebih semangat dan giat dalam belajar bahasa inggris.

“Lomba ini baru pertama kali kita laksanakan dan akan kita usahakan dilaksanakan secara rutin setiap tahun,” kata Kepala Seksi Listrik, Intrumen, Finismil 34, Semen Indonsia itu.

Peserta berasal perwakilan sekolah yang ada di wilayah Tuban, namun paling banyak didominasi dari SMKN 1 dan SMAN 1 Tuban. Dari peserta itu ada yang didaftar oleh sekolahnya dan ada juga yang mendaftar sendiri. “Antusias dari para pelajar sangat baik dan itu yang menjadi motivasi kita,” ujarnya.

Dalam perlombaan itu ada 3 babak atau tahapan yang harus dilalui oleh peserta. Diantaranya tes pilihan ganda yang akan diambil 40 persen dari jumlah peserta dengan waktu 90 menit, babak kedua tes tulis esai akan diambil 6 peserta.

Enam peserta yang lolos seleksi kedua akan mengikuti tes yang terakhir yaitu menyampaikan pidato dengan bahasa inggris. Dari enam peserta itu akan diambil juara 1,2,3 dan harapan 1,2,3 dimasing-masing tingkatan.

Hadiah yang disediakan oleh panitia yaitu piagam, teropi dan uang, untuk tingkat SMA/SMK juara 1 Rp 800 ribu,  juara 2 Rp 600 ribu, juara 3 Rp 400 ribu. Untuk harapan 1,2 dan 3 masing-masing senilai Rp 100 ribu. Sedangkan untuk tingkat SMP/MTs juara 1 Rp 700 ribu, juara 2 Rp 500 ribu, juara 3 Rp 300 ribu dan harapan 1, 2 dan 3 masing-masing Rp 100 ribu.

Diharapkan, dengan perlombaan itu dapat meningkatkan kemampuan siswa atau mutu pendidikan khususnya dibidang Bahasa inggris meningkat. Sebab Bahasa Inggris juga sangat penting baik didunia industri maupun yang lainnya dalam menghadapi MEA.

“Kedepan akan kita kembangkan tidak hanya mata pelajaran Bahasa Inggris. Tetapi juga mata pelajaran yang lainnya, seperti Matematika maupun Agama,” pungkasnya. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author