Published On: Sen, Agu 3rd, 2015

25 Polwan Kawal Calon Bupati dan Wakil Bupati

TUBAN

PASUKAN KHUSUS: Para polwan Polres Tuban yang akan menjadi pengawal pribadi calon dan wakil bupati serius berlatih judo, Senin ((03/08/2015) pagi.

PASUKAN KHUSUS: Para polwan Polres Tuban yang akan menjadi pengawal pribadi calon dan wakil bupati serius berlatih judo, Senin ((03/08/2015) pagi.

seputartuban.com–Polres Tuban tengah menyiapkan pasukan khusus untuk melakukan pengawalan pribadi terhadap calon bupati dan calon wakil bupati yang akan maju dalam pilkada 9 Desember mendatang.

Menariknya, seluruh personel pasukan khusus yang berjumlah 25 orang ini beranggotakan polisi wanita (polwan). Kabag Sumda Polres Tuban, Kompol Agus Parjiyo, menegaskan tidak akan sembarangan memilih personel untuk mengawal pribadi cabup dan cawabup.

Setelah proses seleksi, tutur dia, 25 polwan yang terpilih sebagai personel pengawalan pribadi cabup dan awabup itu telah menjalani serangkaian pembekalan.

“Mereka harus menjalani pembekalan terlebih dahulu. Secara khusus pasukan khusus pengawal pribadi bakal calon ini dibekali beladiri judo,” kata Agus, Senin (03/08/2015) pagi.

Penggemblengan teknis judo tersebut sudah dilaksanakan sebulan penuh di halaman belakang Mapolres Tuban. Materi yang didril di antaranya teknik inti pukulan, tendangan dan mematikan gerak lawan secara singkat. Sebelumnya 25 polwan tersebut telah menjalani serangkaian tes psikologi.

Menurut Agus, tes psikologi digunakan sebagai indikator awal untuk memastikan kelayakan sebagai pasukan pengawal pribadi yang dilakukan tim dari Polda Jatim.

“Dengan begitu saat memberikan pengawalan benar-benar dapat memberikan perlindungan terhadap para calon bupati maupun wakil bupati. Terutama calon dari perempuan,” tandas Agus.

selain 25 polwan yang di gembleng judo tersebut, sebelumnya 25 bripka dari fungsi sabhara sudah dilatih lebih awal. Selain untuk penyegaran dan penambahan personel kini ditambah 34 anggota pamlekat baru terdiri dari 25 polwan dan 9 anggota bripka yang baru bertugas di Polres Tuban.

Sementara itu hampir dipastikan Pilkada Tuban 2015 diikuti dua pasangan calon. Yakni Zaki Mahbub sebagai calon bupati dan Dwi Susanti Budiarti sebagai wakil bupati. Duet guru ini berangkat dari jalur indpendent.

Sedangkan pasangan kedua adalah Fathul Huda sebagai calon bupati dan Noor Nahar Hussein sebagai ca;om wakil bupati. Duet petahana ini diusung PKB, Gerindra, Hanura, Demokrat, PKS, PAN, Nasdem dan PDIP. Sementara itu dua partai yakni Golkar Kubu Agung Laksono dan partai PPP masuk dalam barisan pendukung. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author