Published On: Ming, Agu 18th, 2019

241 Napi dpat remisi, 4 Napi Dapat Remisi Bebas

seputartuban.com, TUBAN – Sebanyak 214 orang narapidana (Napi) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tuban mendapatkan remisi dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-74 tahun 2019. Dari jumlah warga binaan tersebut, empat orang napi diantaranya mendapatkan remisi bebas. Mereka langsung pulang dijemput keluarganya usai upacara bendera.

MERDEKA : Wakil Bupati Tuban, Noor Mahar Hussein saat melepas baju warga binaan secara simbolis

Remisi untuk para Napi tersebut diserahkan secara simbolis Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein, saat upacara bendera dalam rangka peringatan HUT RI ke-74 yang diselenggarakan di halaman Lapas Kelas II B, Sabtu (17/8/2019).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Wabup Noor Nahar membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI. Disampaikan pemberian remisi tidak hanya dimaknai sebagai pemberian hak warga binaan pemasyarakatan.

Lebih dari itu, remisi merupakan apresiasi negara terhadap warga binaan pemasyarakatan yang menunjukkan perubahan perilaku, memperbaiki kualitas dan meningkatkan kompetensi diri untuk dapat hidup mandiri. “Serta menumbuhkan dan mengembangkan usahanya dalam membangun perekonomian nasional,” ungkapnya.

Dikatakan, kondisi Lapas yang kelebihan penghuni saat ini mendapat perhatian serius dari pemerintah. Menyikapi hal tersebut, perlu dibangun awarness melalui program revitalisasi penyelenggaraan pemasyarakatan harus terus dilakukan. Program revitalisasi permasyarakatan sejalan dengan tema perayaan ke-74 Hari Kemerdekaan RI yaitu SDM Unggul, Indonesia mau.

Sejalan dengan kebijakan tersebut, kelebihan isi penghuni perlu dipandang sebagai modalitas utama pembangungan nasional. Keberadaan warga binaan menjadi aset dan potensi yang dapat dikembangkan guna mendukung kegiatan ekonomi kreatif. “Dengan memiliki human capital yang besar, Lapas harus mampu mentransformasikan potensi ini menjadi kegiatan ekonomi kreatif,” jelasnya.

Sementara itu, Plh Kepala Lapas Kelas II B Tuban, Suntoro menyampaikan, berdasarkan Keputusan Presiden RI No.174 Tahun 1999 tentang remisi, remisi umum di hari kemerdekaan ini diberikan kepada WBP yang telah memenuhi syarat administratif, substantif diantaranya telah menjalani pidana enam bulan. “Total yang mendapatkan, 214 orang dan yang mendapatkan remisi langsung bebas ada 4 orang,” pungkasnya.

Sementara itu, 4 WBP yang mendapatkan Remisi Umum II adalah Bambang Sunedy Bin Suharjo WBP kasus Lakalantas asal Desa Tembokluwung, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal. Ahmad Khasinudin Yasin Bin Sucipto WBP kasus Lakalantas asal Desa Bangunrejo, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban. Murtado Bin Umar Yusuf WBP kasus Pencurian asal Desa Bangilan, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban. Dan Saputra Heni Bin Tirto WBP kasus Penggelapan asal Desa Bulu, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos