Published On: Sel, Apr 21st, 2015

202 PSK Tuban Dikirim ke Panti Sosial

TUBAN

TANGKAPAN BARU : 2 PSK yang baru tertangkap razia saat di Kantor Dinsosnaker akan dikirim ke Panti Sosial, Senin (20/04/2015)

TANGKAPAN BARU : 2 PSK yang baru tertangkap razia saat di Kantor Dinsosnaker akan dikirim ke Panti Sosial, Senin (20/04/2015)

seputartuban.com – Nampaknya bisnis esek-esek di Bumi Wali masih tinggi. Terbukti banyaknya pekerja seks komersial yang diamankan petugas gabungan dari sejumlah kawasan di Kabupaten Tuban. Selama 2014 sebanyak 168 PSK diamankan dan pada 2015 sejak Januari hingga Pebruari sebanyak 38 PSK.

Data ini hanya pelayanan hidung belang yang dikirim ke Unit Pelayanan Tenis (UPT) Dinas Sosial (Dinsos Jatim) Panti Rehabilitasi Sosial Karya Wanita Ngudi Rahayu Kediri. Yang menangani eks wanita tuna susila dan wanita rawan sosial ekonomi. Sedangkan PSK yang disidangkan di Pengadilan Negeri Tuban dengan tuntutan tindak pidana ringan belum masuk data tersebut.

Bagi PSK yang tertangkap razia lebih dari sekali akan dikirim ke panti sosial. Sedangkan PSK yang baru sekali tertangkap akan disidangkan ke Pengadilan.

“Sedangkan pelaku yang tergolong wajah baru akan diberikan tindakan tegas dengan membuat surat pernyatan bermaterai dan dikenakan tindak pidana ringan,” ungkap Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker), Nurjanah, Senin (20/04/2015).

Bagi PSK yang dikirim ke Panti Sosial akan mendapatkan pembinaan antara 3 bulan sampai 4 bulan. Saat dipulangkan akan mendapatkan dana modal kerja, agar tidak kembali menjadi penjual seks. “Pembinaan seperti membuat kerajinan tangan, menjahit, dan lainya,” jelasnya.

Nurjanah juga mengungkapkan pihaknya mendapatkan pelimpahan 2 PSK yang baru tertangkap razia Sat Pol PP Pemkab Tuban dari kawasan Dasin, Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu. Keduanya merupakan muka lama yang sudah malang melintang di dunia prostitusi, sehingga langsung dikirim ke Kediri.

Berdasarkan data yang ada, PSK yang diamankan petugas bukan seluruhnya warga asli Kabupaten Tuban. Namun warga Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Rembang,  Kabupaten Kudus, Kabupaten Kediri, Kabupaten Tulungagung dan Kabupaten Jombang.

Mereka diamankan dari berbagai kawasan, diantaranya dari eks lokalisasi Gandul, Dusun Wonorejo, Desa Gesing, Kecamatan Semanding. Kawasan Dusun Cangkring, Desa Kebonagung, Kecamatan Rengel serta dari kawasan Dusun Dasin, Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu. Usia mereka dari 22 tahun hingga 65 tahun. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. sabar addjha berkata:

    Garuk semua pak,biar Kabupaten Tuban bersih dari PSK.