Published On: Sab, Des 17th, 2016

2017 Tiap Desa Terima DD dan ADD Minimal Rp. 1 Miliar

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Pada tahun 2017, Kabupaten Tuban menerima jatah Dana Desa (DD) sebesar Rp. 252,388,557,000. Jumlah itu naik 27,63 persen dibanding penerimaan tahun 2016 yakni sebesar Rp. 197,768,399,000. Sedangkan tahun 2015 sebanyak Rp. 88,6 miliar. Diperkirakan tiap desa akan mendapatkan paling sedikit Rp. 700 juta.

ilustrasi uang

Sekretaris Daerah (Sekda) Tuban, Budi Wiyana mengatakan bahwa untuk pembagian DD masih seperti tahun sebelumnya. Hanya saja, yang melakukan pembagian dana langsung dari pemerintah pusat, sehingga daerah hanya menyampaikan ke desa. “Yang membagi pusat, tetapi sistem bembagiannya sama seperti tahun sebelumnya,” kata Sekda Tuban, Budi Wiyana, Jumat (16/12/2016).

Sistem pembagian dana desa yaitu 90 persen dibagi rata dan 10 persen dibagi dengan berdasarkan 4 indikator. Yaitu luas wilayah, jumlah penduduk, jumlah penduduk miskin dan geografis desa.

Sementara untuk optimalisasi penggunaan dana desa, Pemkab Tuban melakukan kerjasama dengan Kejaksaan Negeri Tuban. Untuk pembinaan dan antisipasi adanya penyalahgunaan dana, sehingga dilaksanakan sesuai aturan. “Kita melakukan upaya dengan menjalin kerjasama dengan Kejaksaan (Kejari),” sambungnya.

Selain memperoleh DD, pemerintah desa juga akan memperoleh suntikan dana dari Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari 10 persen dana perimbangan yang diterima pemerintah daerah. Namun, untuk tahun ini mengalami penurunan, sehingga ADD yang diterima desa pun juga menurun. “Meskipun ADD-nya menurun tetapi DD-nya naik, setiap desa masih akan menerima dana Rp 1 miliar  lebih masing-masing desa,” jelas Sekda.

Diharapkan Pemdes benar-benar mengelola dana desa sesuai dengan aturan yang ada. Serta disesuaikan dengan priotitas kebutuhan desa. Selain itu Pemkab Tuban juga akan semakin memperketat verifikasi perencanaan yang diajukan Pemdes untuk penggunaan DD. “Yang jelas dana desa itu tidak boleh untuk pembangunan kantor desa, lebih mengedepankan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat,” pungkasnys. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. Choirul Anam berkata:

    Sebuah kabar yang menggembirakan bagi warga Desa. Semoga sisi manfaat dan pengawasan bisa berjalan secara maksimal..amiin.