Published On: Sel, Mei 10th, 2016

2017 Pemkab Tuban Tarik Sekdes PNS

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Mulai 2017 Pemerintah Kabupaten Tuban berencana menarik semua sekretaris desa (Sekdes) ‘yang saat ini berstatus pegawai negeri sipil (PNS). Yang semula berdinas di Pemerintah Desa akan dipindah tugaskan ke jajaran Pemkab Tuban.

Sekretaris  Pemkab Tuban, Budi Wiyana

Sekretaris Pemkab Tuban, Budi Wiyana

Sekretaris Daerah (Sekda) Tuban, Budi Wiyana mengatakan bahwa penarikan Sekdes yang bestatus PNS akan dilaksanakan pada awal 2017. Pasalnya saat ini selain menunggu pengesahan Perda dari Gubernur, juga sedang melakukan pendataan Sekdes yang sudah berdinas. “Sesuai dengan UU nomor 6 tahun 2014, bahwa Sekdes harus perangkat desa bukan PNS,” kata Sekda Tuban, Budi Wiyana, Senin (9/5/2016).

Alasan lain akan dilaksanakan penarikan tugas Sekdes PNS pada 2017 karena akhir 2016 akan dilaksanakan pemilihan kepada desa (Pilkades) serentak. Selain itu masih dilakukan pemetaan potensi Sekdes untuk penempatan tugas. “Tetapi kita beri kelonggaran pada mereka, bila ingin tetap jadi Sekdes atau siap dimutasi,” jelas Sekda.

Namun bila ingin tetap menjadi Sekdes, sesuai dengan peraturan PNS maka mereka harus berhenti dari PNS. Sedangkan untuk penempatan Sekdes tersebut akan disesuaikan dengan kompetensinya, Mereka bisa ditempatkan di Kantor Kecamatan atau SKPD yang sesuai dengan kualifikasinya.

Sedangkan untuk mekanisme pengisian kekosongan Sekdes menjadi kewenangan Kepala Desa. Sebab Sekdes merupakan perangkat desa sehingga kewenangannya ada pada Kades. “Sekdes menjadi kewenangan desa, sebab mereka masuk perangkat desa,” ujarnya.

Sekda menambahkan, untuk sistem rekrutmen agar tidak menui masalah dan konflik di desa, maka Pemkab akan membuat aturan dan mekanisme rekrutmen Sekdes. Namun Pemkab tidak dapat ikut campur terkait teknis prekrutan tersebut. Sesuai dengan jumlah desa yang tersebar di 20 Kecamatan ada sebanyak 311 lowongan Sekdes. MUHLISHIN

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Berita Terkini

Videos