Published On: Jum, Jan 8th, 2016

2016 Pemkab Tuban Beli Seragam Rp. 3,4 Miliar

TUBAN

Salah satu bentuk PDH pria

Salah satu bentuk PDH pria

seputartuban.com – Menindaklanjuti memo Menteri Dalam Negeri terkait Pakaian Dinas Harian (PDH) PNS, Pemkab Tuban menganggarkan pembelian seragam baru pada 2016. Karena PDH yang disebutkan memakai seragam dinas kemaja putih.

Pemerintah daerah diwajibkan menganggarkan untuk pengadaan pakaian dinas tersebut dalam APBD 2016. Kabupaten Tuban telah menganggarkan sebesar Rp. 3.494.175.000.

Kabag Humas dan Media Setda Kab. Tuban, Teguh Setyobudi mengatakan sudah menerima surat edaran tersebut dan sudah memasukkan anggaran untuk pengadaan seragam kemeja putih dalam APBD 2016. Namun untuk pelaksanaannya masih menunggu petunjuk dari Pemerintah Propinsi Jawa Timur.

“Kita menunggu petunjuk dari Propinsi kapan harus dilaksanakan aturan penggunaan seragam dinas tersebut,” jelas Teguh, Kamis (7/1/2016).

Sedangkan ketentuan mengenai Pakaian Dinas PNS Kemendagri dan Pemerintah Daerah sesuai Permendagri nomor 68 tahun 2015 tentang Pakaian Dinas Pegawai Negeri Sipil Di Lingkungan Departemen Dalam Negeri  Dan Pemerintah Daerah. Ketentuan Pakaian Dinas Harian (PDH) terdiri dari warna khaki, kemeja putih, celana atau rok hitam atau gelap, batik, tenun atau pakaian khas daerah.

Serta Pakaian Sipil Harian (PSH), Pakaian Sipil Resmi (PSR), Pakaian Sipil Lengkap (PSL). Pakaian Dinas Lapangan (PDL), Pakaian Dinas Harian (PDH) Camat dan Lurah dan Pakaian Dinas Upacara (PDU) Camat dan Lurah.

Penggunaan seragam dinas tersebut diperuntukkan bagi semua aparatur sipil pemerintah, mulai dari tingkat desa hingga pegawai SKPD. Sedangkan untuk seragam batik masih belum ditentukan akan menggunakan jenis batik khas daerah apa.

“Untuk pakaian tradisional atau pakaian khas kita masih belum tentukan. Kalau daerah lain memang sudah melaksanakan aturan ini,” sambungnya. MUHLISHIN

Jadwal Penggunaan Pakaian Dinas Bagi PNS Kemendagri Dan Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota/Kecamatan/Kelurahan/Desa.

No

Hari Jenis Pakaian Dinas
1. Senin Linmas
2. Selasa PDH Warna Khaki
3. Rabu
4. Kamis PDH Kemeja Putih
5. Jum’at Batik/Tenun/Pakaian Khas Daerah

Facebook Comments

About the Author