Published On: Jum, Des 4th, 2015

2016 Infrastruktur Tuban Dianggarkan Rp. 251 Miliar

TUBAN

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Tuban, Choliq Chunnasich

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Tuban, Choliq Chunnasich

seputartuban.com – Pemerintah Kabupaten Tuban melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) menganggarkan Rp. 251 miliar untuk infrastruktur pembangunan jalan dan saluran air. Dana ini bersumber dari APBD Tuban maupun Dana Alokasi Khusus (DAK) pemerintah pusat.

Anggaran yang bersumber dari APBD sebesar Rp. 180 miliar, jumlah ini sama dengan tahun lalu. Pemkab Tuban juga mendapatkan DAK Rp. 71 miliar dari pemerintah pusat. Jumlah ini lebih banyak dari tahun sebelumnya yakni Rp. 11 miliar.

Kepala Dinas PU Pemkab Tuban, Choliq Qunnasich mengatakan perbaikan jalan dibutuhkan tiap tahun. Karena kerusakan jalan terus bertambah dan akan semakin parah jika tidak ditangani secara terus menerus.

Sejumlah faktor menjadi penyebab kerusakan jalan. Diantaranya lamanya usia bangunan,faktor alam atau bencana, bahkan faktor pengguna jalan melebihi kapasitas. “Untuk tahun anggaran 2016 kita masih fokus untuk pembangunan jalan dan  pembangunan saluran air, sebab itu menjadi kebutuhan utama,” kata Choliq, Selasa (1/12/2015).

Pembangunan jalan akan dilakukan ruas Merakurak-Tuban, Merakurak-Jenu. Serta Tuban-Semanding, Merakurak-Montong dan Plumpang-Compreng akan dilakukan pelebaran jalan.

Untuk mengurangi dampak buruk akibat kendaraan melebihi tonase melintas, akan dipasang rambu larangan. Selain itu juga akan diperbanyak portal atau batas jalan agar kendaraan tonase besar tidak melintas.

“Nanti akan kita lakukan koordinasi dengan Dishub terkait kendaraan yang melintasi jalan yang bukan diperuntukkan bagi mereka atau kendaraan bermuatan melebihi tanase jalan. Sehingga jalan yang sudah kita bangun tidak mengalami kerusakan,” sambungnya.

Musim hujan kerusakan jalan lebih banyak, karena disebabkan banjir maupun tanah longsor. Untuk antisipasi hal ini, Dinas PU menganggarkan Rp. 5 miliar untuk penangananya. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author